Influencer Muda Ini Tak Ragu Pakai Mobile JKN

Dibaca: 174 kali
Program JKN-KIS Makin Mudah/foto : sidakpost.id (Jul)

SIDAKPOST.ID, BUNGO – Jamkesnews – Sindi Bella Lestari (22) merupakan seorang influencer muda serta seorang Make Up Artist (MUA) asal Kabupaten Bungo yang sangat sadar akan pentingnya sebuah jaminan kesehatan.

Saat ini, Bella telah terdaftar dalam Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) pada segmen kepesertaan Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) atau biasa dikenal sebagai peserta mandiri.

Bella yang saat ini juga sedang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan Cabang Muara Bungo untuk menjalankan salah satu kegiatan terbaru bernama Influencer Daerah Sharing JKN (INDA JKN), mengatakan bahwa Program JKN-KIS benar-benar hadir membantu banyak masyarakat.

“Program JKN-KIS ini sebenarnya sudah tidak asing lagi bagi saya dan keluarga, karena memang jadi andalan kami ketika berobat. Berhubung orang tua saya seorang ASN awalnya saya masuk dalam tanggungan orang tua namun saya beralih ke peserta mandiri ketika saya sudah lulus kuliah,” tutur Bella ketika diwawancarai Jamkesnews pada Rabu, (30/03).

Melanjutkan perbincangan, Bella mengaku ia dan keluarganya sudah sering merasakan manfaat layanan dari Program JKN-KIS bahkan hingga saat ini.

“Saya dua kali dirawat inap karena sakit tipus, sekitar 5 hari bisa kena biaya sekitar 8,7 juta rupiah kalau pakai biaya sendiri. Saya hanya bayar 700 ribu rupiah selisihnya karena saat itu saya naik kelas, dari hak rawat kelas 1 ke kamar VIP. Lalu orang tua saya juga pernah mengidap asma dan ada keluhan asam urat, biasanya selalu rutin berobat pakai JKN-KIS,” tambah Bella.

Kini layanan Progam JKN-KIS makin mudah dirasakan Bella dengan memanfaatkan antrean online pada saat ia akan konsultasi ke Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP).

“Sekarang itu sudah makin mudah pelayanan Program JKN-KIS, jika terasa keluhan dan ingin berobat bisa ambil antrean dulu dari Aplikasi Mobile JKN. Jadi tidak terlalu lama menunggu di FKTP mengingat juga sekarang masih dalam masa pandemi sehingga tidak terlalu lama untuk berdekatan dengan orang dalam suatu ruangan,” tutur Bella.

Di akhir perbincangan Bella yang notabene memiliki banyak pengikut di sosial medianya mengajak masyarakat agar semakin menyadari pentingnya memiliki jaminan kesehatan karena sakit bisa datang kapan saja.

“Menurut saya memang harus terdaftar Program JKN-KIS mumpung masih sehat. Saya dan keluarga telah merasakan manfaatnya menimbang biaya pelayanan kesehatan juga tidak murah apalagi semua dipermudah dengan aplikasi Mobile JKN. Kita tidak akan rugi jika terdaftar karena kita tidak tahu kapan kita sakit, lebih baik cari aman,” ujar Bella sambil tersenyum. (jul)

 

ADVERTISEMENT