Begini Tradisi Lama Sambut Ramadhan di Tanah Tumbuh

Dibaca: 200 kali

SIDAKPOST.ID, BUNGO – Tradisi lama di Kecamatan Tanah Tumbuh, menyambut bulan suci Ramadhan hingga kini terus dijaga. Seperti pawai obor keliling Dusun menandakan tidak lama lagi akan puasa, Sabtu (3/04) malam.

Jahari Rio Dusun Tanah Tumbuh ketika dibincangi menyebutkan, setiap tahun menyambut bulan suci ramadhan warga gelar pawai obor keliling dusun. Pawai obor diikuti oleh masyarakat dan siswa Madrasyah Takmiyah Nurul Hidayah.

“Tradisi ini merupakan rasa gembira tak lama lagi akan memasuki bilan penuh berkah yakni bulan suci Ramadhan 1442 H/2021 M. Semangat ibu-ibu pengajian dan para siswa bentuk rasa syukur akan datang bulan penuh berkah,”ucapnya.

Dikatakan Jahari, kegiatan pawai obor tersebut, dimulai depan kantor camat keliling kampung dengan menggunakan obor sambil berswolawat berjalan kaki. Alhamdulillah kegiatan berjalan lancar.

“Semua peserta pawai tetap mematuhi prokes covid-19. Kita patut beryukur di tahun 2021, masih bisa mengharapkan kehadiran bulan penuh berkah serta bulan penuh ampunan,”kata Jahari.

Bahkan kata Jahari, tradisi pawai obor seperti ini, bukan hanya serimonial saja akan tetapi lebih kepada mempereratkan tali silaturrahmi antas sesama. Dan juga bersama-sama menjaga sitkamtibmas.

“Ini bukti nyata kalau masyarakat dusun Tanah Tumbuh masih menjaga tradisi lama dalam menyambut bulan penuh berkah ini. Saya mengajak seluruh yang hadir untuk bersama-sama menjaga agar dusun kita tetap aman dan nyaman saat beribadah dalam bulan puasa nanti,” cetusnya. (cr1)

ADVERTISEMENT