Masyarakat Pertanyakan Anggaran BUMDes Dusun Baru

Dibaca: 473 kali

SIDAKPOST.ID, TEBO – Masyarakat Desa Dusun Baru Kecamatan Vll Koto, Tebo pertanyakan anggaran dana Badan Usaha Milik Desa ( BUMDes) selama lima tahun belakangan.

Bumdes ini hingga sekarang tidak tahu kenjelasannya. Akibatnya, masyarakat mempertanyakan keberadaan Badan Usaha Milik Desa tersebut.

“Kita pingin tahu anggaran BUMDES Dusun Baru kemana dan buka usaha apa hingga sekarang masyarakat tidak tahu, berapa anggaran yang digelontorkan pemerintah Desa ke Bumdes itu,” ungkap Dul, warga setempat.

Selama ini masyarakat pingin tahu, sebut Dul, sejauh mana perkembangan BUMDes dan buka usaha apa dan berapa besaran anggarannya, karena Pengurus Bumdes dan Pemerintah Desa tidak ada transparan kepada masyarakat.

” Hingga sekarang aja masyarakat tidak tahu siapa Ketua BUMFES Dusun Baru, BUMDES dalam membangun yang bersumber Dana Desa aja tidak ada transparan kepada masyarakat,” katanya.

Terpisah, mantan Kades Dusun Baru Mukhatar saat dikonfirmasi sidakpost,id mengatakan, bahwa BUMDES Dusun Baru hingga sekarang dibekukkan, dikarenakan Ketua BUMDes sekarang terpilih menjadi Sekdes Dusun Baru.

” BUMDes sementara dibekukkan, lima tahun saya menjabat sebagai Kades Dusun Baru Pemerintah Desa membantu BUMDES Rl 48 juta untuk biaya modal BUMDES yang bersumber dari Dana Desa (DD),” cetus Mantan Kades Mukhatar.

Lanjutnya, BUMDes buka usaha Briling di Desa dan buka Toko manisan tetapi usaha tersebut tidak membuahkan hasil, ironisnya malahan termakan modal.

“Hingga mengakhiri masa jabatan sebagai Kades Dusun Baru saya tidak tahu sejauh mana perkembangan BUMDES ini, yang jelas hingga saat sekarang BUMDES Dusun Baru dibekukkan,” tandasnya. (nwr)

ADVERTISEMENT





ADVERTISEMENT