Curah Hujan Masih Tinggi, Berikut Tips Hadapi Banjir

Dibaca: 465 kali
Banjir di Danau Buluh, Kelurahan Jaya Setia, Bungo, (3/3).

MUARA BUNGO – Curah hujan yang masih tinggi, memungkinkan banjir akan masih terjadi. Hal ini membuat kita merasa cemas sehingga tak jarang membuat diri panik. Dari kecemasan akan harta benda, hingga cemas akan nyawa dan keluarga tak bisa dihindari.

Untuk itu, berikut ini ada beberapa tips yang sidakpost.id himpun dari berbagai sumber, sehingga bisa diaplikasikan dikala menghadapi banjir.

Hal pertama yang dilakukan ialah
mengontrol diri dari kepanikan. Banjir yang mendadak seringkali membuat kepanikan. Sangat rugi jika daya pikir kita dikuasai oleh rasa takut dan cemas. Mengontrol kepanikan sangat penting supaya kita mampu berpikir dengan tenang, jernih dan tidak melakukan perbuatan ceroboh yang bisa berakibat fatal, baik itu terhadap diri sendiri maupun orang lain. Mengendalikan kepanikan juga sangat penting karena hal tersebut dapat menular kepada orang lain.

Pastikan semua listrik di rumah dalam keadaan mati, sehingga terhindar dari korsleting aliran listrik.

Selamatkan surat dan dokumen penting, seperti ijazah, sertifikat rumah/tanah, BPKB, dan dokumen berharga lainnya. Selain itu, selamatkan juga barang-barang berharga seperti perhiasan dan barang elektronik.

Jika ada, pergunakan lantai 2 sebagai tempat menyimpan barang dan tempat untuk menunggu banjir surut atau tempat untuk menunggu pertolongan bila banjir tidak kunjung surut.

Sebaiknya jangan terlalu lama berada di daerah banjir karena bisa menimbulkan berbagai masalah kesehatan dan penyakit. Segera hubungi dan minta pertolongan dari saudara terdekat yang tidak terkena bencana banjir. Termasuk pertolongan untuk mengungsi atau mencari tempat tinggal sementara sampai banjir surut.

Tetap lakukan pengamanan terhadap rumah anda dari orang-orang yang mencari kesempatan dalam kesempitan. Selain itu, lakukan juga penyumbatan di celah atau lubang agar tidak masuk binatang, dan kotoran ke dalam rumah.

Selalu dengar dan cari informasi terkait dengan situasi terkini, tak lupa juga untuk mendengarkan arahan dari instansi pemerintah terkait.

Apabila tempat tinggal kita merupakan lokasi yang sering terkena musibah banjir, jika memungkinkan ada baiknya cari daerah lain sebagai tempat tinggal yang lebih aman. (gie)

ADVERTISEMENT





ADVERTISEMENT