Peringati Hari Pers Nasional, Personil Koramil 09/TP Donorkan Darahnya

Dibaca: 273 kali

SIDAKPOST.ID, JAMBI – Personil Koramil 415-09/Telanaipura, Sertu MP Sitanggang turut berpartisipasi mendonorkan darahnya dalam rangka memperingati Hari Pers Nasional (HPN) dan Hari Ulang Tahun Persatuan Wartawan Indonesia (HUT PWI) ke-76 bertempat di kantor PWI Prop Jambi, Jalan Jakarta Ujung Kotabaru kota Jambi, Jum’at (04/02/2022).

Kegiatan mendonorkan darahnya ini merupakan bentuk kepedulian prajurit TNI khususnya personil Koramil 09/Telanaipura, untuk membantu sesama. Disadari ataupun tidak, setetes darah dapat bermanfaat bagi keselamatan jiwa seseorang yang sangat membutuhkan.

Setelah melalui pemeriksaan kesehatan dan screening, Sertu MP Sitanggang dinyatakan sehat dan memenuhi syarat untuk mendonorkan darahnya.

“Bersyukur saya bisa membantu sesama dengan darah yang bisa saya donorkan.” ucapnya.

Darah sangat penting untuk kelangsungan hidup seseorang karena bertindak sebagai pemasok oksigen dan nutrisi penting untuk berbagai organ dalam tubuh.

Donor darah adalah hal yang sederhana untuk dilakukan, tapi dapat membuat perbedaan besar dalam kehidupan orang yang membutuhkan.

Sementara mewakili Komandan Kodim 0415/Jambi, Kasdim Letkol Inf Tri Nugroho, S.Pd juga turut mendonorkan darahnya. Menurutnya, donor darah tidak hanya bermanfaat bagi penerimanya, akan tetapi juga ada manfaat kesehatan bagi pendonornya, salah satunya dapat mengetahui kondisi kesehatan secara gratis.

“Sebelum donor darah, pemberi akan mendapat cek kesehatan gratis untuk memeriksa tanda-tanda vital dan memastikan anda cukup fit untuk donor darah,” jelas Letkol Tri.

Lanjut dikatakan bahwa dengan donor darah yang dilakukan, banyak nyawa terselamatkan. Terlebih di tengah pandemi covid-19 seperti sekarang ini, ada kebutuhan mendesak tentang kebutuhan darah dan plasma konvalesen untuk membantu pasien melawan virus corona.

“Diharapkan buat personil Koramil jajaran Kodim 0415/Jambi agar sesering mungkin mendonorkan darahnya untuk orang yang membutuhkan, tentunya waktu pelaksanaan ditentukan dengan mekanisme yang ada sesuai dengan rujukan dan pemeriksaan medis,” katanya. (rat)

ADVERTISEMENT