Peringati Hari Kanker Sedunia, Kadinkes Bungo Ajak Masyarakat Terapkan Pola Hidup Sehat

SIDAKPOST.ID, BUNGO – Dalam rangka memperingati Hari Kanker Sedunia tahun 2022, Dinas Kesehatan Kabupaten Bungo menggelar sosialisasi sekaligus adakan Pemeriksaan Deteksi Dini Kanker Serviks secara serentak di setiap UPT Puskesmas dalam Kabupaten Bungo, Jumat (4/2/2022).

Kadinkes Bungo, dr Safaruddin Matondang mengatakan Hari Kanker Sedunia diperingati setiap tahun pada tanggal 4 Februari. Tujuan peringatan ini adalah untuk meningkatkan kesadaran terhadap kanker dan mendorong pencegahan, deteksi, dan pengobatan kanker.

“Memperingati hari kanker sedunia ini, kami melaksanakan beberapa kegiatan yang pertama sekali adalah memberikan edukasi kepada masyarakat, tentang pentingnya pencegahan terutama kanker serviks atau kanker payudara yang secara serentak dilaksanakan di seluruh UPTD Puskesmas Kabupaten Bungo,”kata Safaruddin.

Dikatakan, tidak hanya memberikan pelayanan deteksi dini tes di puskesmas masing-masing, kegiatan ini juga melayani pemeriksaan gula darah, pemeriksaan tekanan darah kolestrol secara gratis pada hari ini tanggal 4 Februari 2022.

Dengan harapan kegiatan ini dapat menggerakkan masyarakat untuk selalu aktif memeriksakan kondisi kesehatan secara berkala, untuk menekan angka
kematian yang diakibatkan kanker serviks,

“Kami juga mengajak kepada seluruh masyarakat, untuk terus menjaga pola hidup sehat dan tetap menerapkan protokol kesehatan terutama di dalam masa pandemi covid-19 yang belum juga usai ini,” tukasnya. (adv/jul)