Wujudkan Ketahanan Pangan, Babinsa Toni Daryono Motivasi Petani Cabai

Babinsa Sertu Toni Daryono membantu memanen Cabai merah, milik Agus petani di Sidorejo Rimbo Ilir. Sabtu (3/12). Foto : sidakpost.id/Amir. Biro Tebo

SIDAKPOST.ID, TEBO – Babinsa Sertu Toni Daryono Koramil 416-07/Rimbo Bujang Kodim 0416/Bute menyambangi petani Cabai merah di wilayah binaan di jalan Indra Desa Sidorejo Kecamatan Rimbo Ilir Kabupaten Tebo, Sabtu (03/12/2022).

Tujuan sambang Sertu Toni Daryono kepada petani Cabai, sayuran dan lainnya yang ada di wilayah binaannya dalam rangka mensukseskan dan mewujudkan program ketahanan pangan nasional, serta mewujudkan petani yang profesional dan produktif.

Mengunjungi petani Cabai merah bertujuan untuk memberi motivasi atau semangat agar intensif merawat tanaman yang optimal, sehingga pohon Cabai merah akan tumbuh subur dan berbuah lebat.

“Mari kepada warga yang memiliki lahan kosong untuk diolah ditanami palawija, jagung, Ubi, Cabai dan lainnya, untuk pekarangan rumah dimanfaatkan tanaman sayuran maupun tanaman jamu-jamuan tradisional, ” imbau Babinsa Toni Daryono.

Petani Cabai merah Agus menyebutkan, bahwa saat ini dirinya menanam Cabai merah di atas lahan seluas 1 hektar yang sudah panen belasan kali pengutipan dan sekali kutip Cabai merah bisa 170 kg, untuk harga jual Rp 30 ribu per kg.

“Saat ini kita juga sedang mengolah lagi lahan seluas 1,5 hekatar untuk ditanami Cabai merah, kami petani disini tergabung dalam Kelompok Tani Sido Dadi yang diketuai bapak Dayat,” tutup Agus. (asa)