BKKBN Lakukan Penguatan Kebijakan Kemitraan Kampung Keluarga Berkualitas

Sesuai Instruksi Gubernur Jambi, BKKBN Lakukan Penguatan Kebijakan Kemitraan Kampung Keluarga Berkualitas. Sabtu (3/12). Foto : sidakpost.id/Ratna. Biro Jambi

SIDAKPOST.ID, JAMBI – Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Jambi gelar Penguatan Kebijakan Kemitraan Kampung Keluarga Berkualitas. Berlangsung Hotel Aston Jambi, Jum’at (02/12/2022).

Dijelaskan Kepala Perwakilan BKKBN Jambi Dr. Munawar Ibrahim, Beberapa hal yang perlu menjadi perhatian kita bersama dalam penyelenggaran Kampung Keluarga Berkualitas, adalah sebagai berikut:

1. Kampung Keluarga Berkualitas pertama kali di canangkan oleh Presiden Joko Widodo pada tahun 2016, di Kab. Cirebon.

2. Provinsi Jambi memiliki 202 Kampung Keluarga Berkualitas atau 13% dari jumlah Desa/Kelurahan yang ada di 11 Kab/Kota, dengan rincian sebagai berikut; a. Kerinci (27 Kampung KB), b. Merangin (25 Kampung KB), c. Sarolangun (13 Kampung KB), d. Batanghari (22 Kampung KB), e. Muaro Jambi (17 Kampung KB), f. Tanjung Jabung Barat (21 Kampung KB), g. Tanjung Jabung Timur (14 Kampung KB), h. Bungo (25 Kampung KB), i. Tebo (15 Kampung KB), j. Kota Jambi (12 Kampung KB), k. Kota Sungai Penuh (11 Kampung KB).

3. Kampung Keluarga Berkualitas merupakan pendekatan pembangunan di tingkat desa/kelurahan yang dilakukan secara terintegrasi dan konvergen dalam penyelenggaraan pemberdayaan dan penguatan institusi keluarga dalam seluruh dimensinya guna meningkatkan kualitas sumber daya manusia, keluarga dan masyarakat. Diharapkan menjadi kampung yang mandiri, tentram dan Bahagia.

4. Pada Tahun 2023, sebanyak 1.009 Desa/Kelurahan di Provinsi Jambi didorong untuk bisa menjadi Kampung Keluarga Berkualitas, untuk itu kita perlu bersinergi dalam mebentuk dan mengelola Kampung Keluarga Berkualitas sesuai amanat dalam Inpres No. 3 Tahun 2022.

5. Membangun daerah harus dimulai dari lingkungan terkecil dalam masyarakat, yaitu keluarga. Karena keluarga yang memiliki ketahanan yang baik akan menjadi modal yang kuat bagi sebuah negara. Untuk itu kita harus membangun ketahanan keluarga secara utuh dari berbagai bidang. Bidang Kesehatan, Ekonomi, Pendidikan, dan Kebahagiaan (i-bangga).

“Oleh karenanya sebagai tindaklanjut dari pelaksanaan Workshop Kampung Keluarga Berkualitas pada bulan September yang lalu dan sebagai upaya penguatan Instruksi Presiden Nomor 3 Tahun 2022 di Provinsi Jambi maka dianggap perlu untuk menerbitkan Instruksi Gubernur Jambi dalam rangka Optimalisasi Penyelenggaraan Kampung Keluarga Berkualitas di seluruh Provinsi Jambi agar terwujudnya masyarakat yang berkualitas dan berketahanan, bahagia dan sejahtera,” ucapnya.

Kemudian Asisten Pemerintahan, Kesejahteraan Rakyat (Asisten I) Asisten Sekda, Apani Saharudin mengatakan dengan disusunnya Instruksi Gubernur
Jambi ini.

Ia berharap dapat meningkatkan komitmen, menyamakan persepsi, dan menyatukan tujuan dalam menciptakan keluarga-keluarga yang mandiri, bahagia, dan tenteram di Provinsi Jambi sehingga dapat berkontribusi pada pembangunan daerah.

“Saya berharap agar seluruh instansi dan dinas terkait yang hadir pada pertemuan hari ini dapat mengikuti dan memberikan kontribusi dalam penyusunan Instruksi Gubernur Jambi tentang Optimalisasi
Penyelenggaraan Kampung Keluarga berkualitas, dan berkomitmen untuk dapat menindaklanjuti amanat Inpres ini sesuai dengan program kerja instansi masing-masing,” pungkasnya. (rsa)