Penempatan Kerja Ke Malaysia Masih di Tutup

Dibaca: 170 kali
Supardi, Kepala Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi Lombok Timur/Foto : sidakpost.id

SIDAKPOST. ID, LOMBOK TIMUR – Dalam Situasi Pandemi COVID-19, Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi Lotim kembali menegaskan bahwa terdapat 53 negara yang menerima Pekerja Migran Indonesia (PMI) dari 53 negara tersebut tidak termasuk Malaysia, hal tersebut disampaikan Kepala Disnakertrans, Supandi.

“Mengingat dunia masih dalam kondisi pandemi, terdapat 53 negara yang membuka untuk PMI, sedangkan Malaysia masih ditutup, mengapa saya tekankan Malaysia karena umumnya masyarakat Lotim lebih memilih negara tersebut,”katanya kepada Sidakpost.id, Rabu (03/11/2021).

Masih kata Supandi, dirinya menyarankan agar masyarakat memilih negara tujuan lain untuk bekerja, serta tidak menggunakan jasa yang tidak resmi untuk mendaftar menjadi PMI.

“Jadi PMI jangan menggunakan calo, karena banyak resiko yang dihadapi, yang pertama tidak memiliki jaminan sosial, penempatan tidak jelas,”ujarnya.

Lebih lanjut Supandi menyebutkan, alur pendaftaran melalui Disnakertrans tidaklah seribet yang dipikirkan masyarakat, melalui Disnakertrans juga tertera PT yang jelas dan terdaftar.

“Sejatinya tidak ada yang dipersulit, untuk kelengkapan dokumen juga kami sudah siapkan disini orang dari pencatatan sipil, hal ini dilakukan sebagai upaya untuk mempermudah masyarakat,”pungkasnya. (gil)

ADVERTISEMENT