Ratusan Rumah di Jujuhan Terendam Banjir, TNI Bantu Evakuasi Warga

Dibaca: 321 kali

SIDAKPOST.ID, BUNGO – Curah hujan yang begitu tinggi, membuat sejumlah wilayah Kecamatan jujuhan Kabupaten Bungo Jambi terendam banjir. Akibat banjir ini, akses jalur 4 dusun di lokasi tidak bisa dilewati, Sabtu (3/11/2018).

Salah satu warga, Dusun Sirih Sekapur RT 02, Kampung Induk, Mariani (42) saat dikonfirmasi dirinya mengatakan, hujan deras yang mengguyur tadi malam, membuat sejumlah wilayah Jujuhan ini banjir.

Ratusan Rumah di Bungo Terendam Banjir

“Air naik sekira pukul 03.00 Wib dini. Dan pagi ini air semakin naik, jadi mau tak mau seluruh warga akhirnya mengunsi. Ketinggian air dilokasi banjir mencapai sepinggang orang dewasa pak,” ujarnya.

BACA JUGA : Diguyur Hujan Deras Rumah Warga Jujuhan Terendam Banjir

Sebut Mariani, hingga kini ratusan rumah sudah terendam banjir. Tak hanya itu pak, semua barang yang ada dirumah, tidak bisa dibawa karena debit air tinggi. Jadi kasur, ijazah anak mereka tidak bisa diselamatkan karena basah.

“Ada yang mengunsi ke masjid dan pula ke rumah keluarga yang dataran lebih tinggi. Kami sangat berharap ada bantuan makanan pak, selimut dan yang lainnya. Karena barang di dalam rumah tidak bisa diselamatkan sudah basah semua pak,” tuturnya.

Sementara itu, Kaban BPBD Kesbangpol Kabupaten Bungo, H .Ir Indones saat dikonfirmasi mengatakan, dari data yang diperoleh ada empat dusun terendam banjir seperti, Dusun Pulau Jelemu, Sirih Sekapur, Rantau Ikil dan Dusun Ujung Tanjung.

“Kini petugas kita dan SAR, serta dari TNI-POLRI sudah berada dilokasi bajnir untuk mengevakuasi warga yang masih terjebak di dalam rumah. Kita berharap semua warga harus keluar dari rumah, karena debit air terus meningkat,”kata Indones.

Selain mengevakuasi warga, pihaknya juga sudah memndirikan tenda darurat dan dapur umum untuk warga terkena bencana banjir.

“Kini kita masih fokus di lokasi yang terkena banjir. Untuk ketinggian air mencapai pinggang orang dewasa lebih kurang satu meter lebih,”tutupnya.

Terpisah, Kapala Dinas Sosial Bungo, Suryawani mengatakan, kini pihaknya sudah berada di lokasi banjir, sejumlah kebutuhan warga sudab dibawa. Sepeti betas dan perlengkapan masak, dan kini sudah berada di dapur umum.

“Kini kami masih berada di lokasi banjir, untuk makanan dan keperluan lainnya tadi langsung kita bawa ke lokasi. Memang banyak warga yang belum makan karena rumah mereka terendam air,” pungkasnya. (zek)

ADVERTISEMENT


Komentar

Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*