Ide 8 Usaha Jangka Panjang di Desa Bisa Menguntungkan

Usaha Pertanian Juga Sangat Menjanjikan dengan dilakukan secara baik dan terbukti belum lama ini TNI-Polri dan Dinas Terkait panen cabai merah milik kelompok tani di Muko-Muko Bathin VII. Foto : Zakaria. dok sidakpost.id

SIDAKPOST.ID, BUNGO – Dengan terus bertambah jumlah penduduk di wilayah perkotaan lapangan pekerjaan semakin menipis. Tapi tidak usah bingung karena 8 usaha jangka panjang di kembangkan di desa bisa membantu perekonomian.

Kini, banyak masyarakat memilih memulai usaha di desa. Berikut ini rekomendasi ide usaha yang bisa bertahan dalam jangka panjang di desa, dirangkum dari beberapa OPD di kabupaten Bungo, Jambi.

Baca JugaSekda Provinsi Jambi Buka Pelatihan Gerakan Usaha Kreatif

Ide Usaha Jangka Panjang di Desa

1. Budidaya Pertanian Organik

Semakin tingginya kesadaran masyarakat akan pola hidup sehat membuat produk pertanian organik kini semakin banyak diminati. Bahkan pemerintah berupaya di desa ketahanan pangan bis berkembang.

Cobalah untuk mengolah produk pertanian kamu, untuk didistribusikan di pasar-pasar hingga ke daerah lainnya yang lebih luas lagi.

2. Membangun Usaha Peternakan

Usaha peternakan juga sangat bagu dan menjanjikan, bahkan bisa dikatakan usaha ini memiliki peluang besar jika dilakukan dengan serius dan konsisten. Sekarang banyak orang membutuhkan daging hewan ternak untuk dikonsumsi,

3. Jasa Pangkas Rambut

Tidak sedikit masyarakat selalu ingin tampil lebih rapi dan menarik maka jasa Pangkas rambut juga sangat menjanjikan bila di buka di desa.

Usaha pangkas rambut dapat dijalankan secara fleksibel. Selain membantu para warga desa, kamu juga bisa belajar dan berkreasi sesuai dengan keahlian.

Baca Juga :  Para Tokoh Dongkrak UMKM, Berkiprah di Taman Terpadu Wirotho Agung

4. Mengembangkan Kerajinan Lokal

Setiap desa tentu memilki keunikan dan ciri khas masing-masing, tentu usaha ini juga bisa dikembangkan. Harus cermati AP keunikan dan peluang yang bisa dijalankan tentu yang paling menonjol.

Produk kerajinan lokal juga bisa dipasarkan ke dalam daerah hingg ke luar daerah, dan juga kepada para pengunjung yang datang ke desa.

5. Jualan Kue Tradisional

Usaha kue tradisional juga sangat bagus karena setiap desa memiliki makanan khas desa dengan cita rasa yang tidak kalah menariknya. Untuk modal juga usaha ini sangat terjangkau.

Jadi selagi kemauan dan pintas membaca peluang usaha maka jualan kue tradisional sangat menjanjikan, tentu usaha ini harus benar-benar ditekuni dengan baik supaya cita rasa tetap enak.

Baca Juga :  Iin Kurniasih Dorong UMKM Jambi ke Pasar Nasional