Temu TTG Nasional Ke -19 di Palu, Sukiman : Prosfek Pemanfaatan Limbah Sawit Untuk Pakan Ternak

Dibaca: 323 kali
Para Camat Saat Temu TTG di Palu Sulawesi.

SIDAKPOST.ID,TEBO – Gelar pertemuan teknologi tepat guna (TTG) tingkat Nasional ke 19 di Palu Sulawesi Tengah tahun 2017, yang dibuka oleh Kementerian Pedesaan RI Eko Prasojo.

TTG diselenggarakan selama tiga hari mulai 27 sampai dengan 29 September 2017 baru-baru ini, diikuti oleh para Bupati dan para Camat dari 34 Provinsi di Indonesia.

Dalam Forum TTG ini, peserta dapat menambah ilmu dan pengetahuan tentang penemuan teknologi baru maupun Varitas di bidang pertanian, perkebunan dan industri lainnya.

Menurut Camat Sukiman,SP, MM yang merupakan peserta dari Kecamatan Rimbo Bujang Kabupaten Tebo Provinsi Jambi, sangat tertarik tentang teknologi pencacah pelepah daun sawit yang bisa dijadikan pakan ternak seperti hewan sapi.

”Saya sangat tertarik dengan teknologi pencacah pelepah sawit yang bisa di jadikan pakan ternak sapi. Mengingat Kecamatan Rimbo Bujang atau Kabupaten Tebo banyak daerah perkebunan Sawit dan juga petani Sapi yang sangat prosfek apabila limbah sawit dapat dikelola menjadi pakan ternak,”ujar Camat Sukiman.

Dikatakannya, untuk menopang dan memenuhi kebutuhan pakan ternak selain rumput bagi petani Sapi yang ada di Rimbo Bujang dan Kabupaten Tebo, Mesin pencacah pelepah Sawit dapat menjadi solusinya.

” Kita akan usulkan kepada pemerintah membantu pengadaan Mesin pencacah pelepah Sawit untuk pakan ternak. Kalau sapi pertumbuhannya sehat dan gemuk maka swasembada daging sapi untuk masyarakat akan tercukupi,”ujarnya.

Tak hanya itu kata dia, bahkan kotoran sapi dapat dijadikan pupuk kompos pertanian dengan dikelola menggunakan teknologi canggih.

“Kotoran sapi juga bida dijadikan pupuk kompos pertanian dengan dikelola dengan menggunakan alat yang lebih canggih,”tutup Camat. (asa)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT




ADVERTISEMENT