Mengapa Milih Pesantren untuk Anak Kita, Ini Ulasan Ustadz Abdul Somad

Ustadz Abdul Somad (UAS) Ceremah Agama di salah satu ponpes. Foto : sidakpost/Erlin/capture kanal YouTube Ustadz Abdul Somad Official

SIDAKPOST.ID, BUNGO –  Ustadz Prof Dr. H Abdul Somad, Lc.,MA. Secara tegas menyampaikan keutamaan memasukan anak ke pondok pesantren, dan mengapa harus memilih pesantren untuk anak.

Dalam ceramahnya, Ustadz Abdul Somad (UAS) dilangsir sidakpost.id, dari laman resmi YouTube Ustadz Abdul Somad Official menyampaikan, ada tiga amalan yang di tinggalkan setelah meninggal dunia nanti. Sedekah Jariyah, ilmu yang bermanfaat dan anak yang Sholeh.

“Jadi selama kita masih bernafas maka perbanyak bersedekah agar semua nanti bisa mengalir ketika sudah meninggal nanti. Selain itu, ilmu yang bermanfaat, selagi ilmu yang kita berikan diamalkan maka pahala akan terus mengalir,”ujar Ustadz Abdul Somad.

Dijelaskan, selain kedua amalan tersebut ada satu amalan lagi yang diperhatikan yakni meninggalkan anak-anak Sholeh. Untuk mendapat anak yang Sholeh itu tentu tempatnya di pondok pesantren. Maka dari itu, siapa yang memasukan anak-anak ke pesantren berbahagialah.

“Karena pada hari akhir nanti siapa saja tidak akan bisa ditolong selain amalan selama masih hidup. Karena itu, siapa saja yang telah mendidik anak di ponpes maka itu adalah jalan yang sangat tepat bagi para orang tua,”katanya.

Bahkan kata UAS, kalau ingin mendapat pahala yang terus mengalir maka mulai sekarang rajin -rajin bersedekah, infaq ke panti, ke ponpes masjid dan lainnya. Karena sekecil apapun yang diberikan semua akan ada nilainya di mata Allah.

“Jadi yang sudah memasukan anak-anak ke pesantren maka berbahagialah Allah pasti akan memudahkan segala sesuatu. Karena setelah anak keluar pesantren mereka menjadi anak-anak yang Sholeh. Tentu mereka lah yang mendoakan kita, “papar UAS.

Lebih jauh UAS berpesan, muliakan lah para guru telah mendidik anak selama di ponpes karena mereka telah mendidik anak-anak yang di pesantren mulai dari bangun tidur hingga siang dan belajar. Semua ilmu agama terus diajarkan pada santri dan santriwati.

“Ingat pesan pesantren bukan saja untuk mendidik anak-anak menjadi Sholeh tapi pesantren ikut memperjuangkan negara kesatuan republik Indonesia dari semua penjajah. Pesantren bukan saja mendidik ilmu agama, akan tetap ilmu dunia juga diajarkan,”papar UAS.

Jadi kata dia, semua pendidikan bekal anak-anak setalah tamat dari pesantren nanti mereka siap mengabdi dimana saja karena, pesantren sangat tepat. Setelah tamat pesantren semua bisa diterima di mana saja. Mereka bisa menguasai ilmu dunia dan akhirat.

“Sekarang anak-anak bisa menjadi polisi, TNI, ASN, Dokter, Pengusaha memiliki ilmu agama mumpuni melaksanakan dakwah kepada masyarakat. Karena tak aja tugas ustadz mengajak orang ke jalan yang benar namun tanggung jawab itu tanggung jawab semua kita,”katanya. (Erl)