Tak Hilang Tergerus Zaman, Tradisi Bekarang Ikan Eksis di Pasir Mayang

Dibaca: 238 kali

SIDAKPOST.ID.TEBO – Momentum hari ketiga Lebaran Idul Adha 1441 Hijirah dijadikan Bekarang Ikan Basamo, oleh masyarakat Desa Pasir Mayang Kecamatan Vll Koto Ilir Kabupaten Tebo, bertempat di Danau Mengkuang
Pasir Mayang.

Bekarang Ikan Besamo ini, selain diikuti masyarakat juga para petinggi
Desa Pasir Mayang ikut serta turun ke Danau Mengkuang, tampak Ketua lembaga adat bersama Ketua BPD, Kades dan Sekdes berbaur dengan masyarakat bersukaria menangkap ikan di Danau.

Ketua Lembaga adat Desa Pasir Mayang Sulaiman saat dibincangi Sidakpost.id mengatakan, tradisi Bekarang ikan besamo di Pasir Mayang masih melekat hingga sekarang ini, pada setiap tahun warga Bekarang Ikan Besamo di Danau
Mengkuang.

“Danau Mengkuang adalah tempat handalan warga Pasir Mayang Bekarang Ikan Besamo setiap tahun sekali, selain warga para pemangku kepentingan di Pasir Mayang juga ikut Bekarang Ikan Besamo, ini bentuk kebersamaan silaturahmi Warga dengan para petinggi Pasir Mayang terus terjaga,” ungkap Ketua Adat Sulaiman, Senin (03/08/2020).

Kepala Desa Pasir Mayang A.Ansori menuturkan, bahwa Bekarang Ikan Besamo di Danu Mengkuang Pasir Mayang sudah nenjadi tradisi dan dilaksanakan pada setiap tahunnya.

” Tradisi dan budaya Bekarang Ikan Besamo ini tetap kita pertahankan dan dilestarikan, kegiatan ini bernuansa silaturrahmi dan kebersamaan masyarakat yang sangat positif,”pungkas Kades A.Ansori. (nwr)

ADVERTISEMENT