Kasat Binmas Polres Tebo, Anggota Llinmas Harus Tanggap Bencana

Dibaca: 133 kali

SIDAKPOST.ID, TEBO – Anggota Perlindungan Masyarakat (Linmas) sejatinya kapan saja tanggap terhadap terjadinya bencana dan siap
membantu menormalisir bencana alam dan bencana lainnya, serta akrif ikut menjaga dan memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat (Harkamtibmas) di desa maupun kelurahan.

Setiap anggota Linmas harus trengginas memiliki keterampilan dan mengetahui tugas pokok dan fungsinya (tupoksi), selain tugas pokok Linmas juga mempunyai fungsi utama yaitu melindungi masyarakat, membantu menanggulangi bencana kemanusiaan.

Hal tersebut dipaparkan oleh Kasat Binmas Polres Tebo Iptu Agung Purwanto, pada saat gelar pembinaan dan penyuluhan (Binluh) Libmas. Bertempat di Aula Balai Desa Rantau Kembang Kecamatan Rimbo Ilir Kabupaten Tebo. Sabu (3/8/2019).

Hadir pada Binluh ini Kades Rantau Kembang Kusmaedi dan Perangkatnya, Babinsa Serka Imron, Bhabinkamtibmas Aipda Dadan Juanda, Tokoh masyarakat dan anggota Lunmas Rantau Kembang.

Lebih jauh Kasat Binmas Iptu Agung Purwanto mengatakan, Linmas adalah Sebagai kekuatan rakyat yang terlatih mempunyai tugas pokok membantu dan memperkuat pelaksanaan di bidang perlindungan masyarakat serta ikut membantu tugas Polri dalam tugasnya dibidang Harkamtibmas.

” Linmas membantu menanggulangi serta mengurangi atau mengatasi akibat dari bencana yang ditimbulkan oleh gangguan keamanan dan akibat bencana alam serta bencana – bencana lainnya, terhadap kerugian jiwa dan harta benda, ” ujar Kasat Binmas.

Sementara Bhabinkamtibmas Aipda Dadan Juanda Polsek Rimbo Ilir dan Babinsa Serka Imron Koramil 416 – 07/ Rimbo Bujang membekali bimbingan teknik tentang cara baris berbaris kepada anggota Linmas. (asa)

ADVERTISEMENT







ADVERTISEMENT