Babinsa Serda Salhutni, Motivasi Kemajuan Petani Palawija

Dibaca: 90 kali

SIDAKPOST.ID, TEBO – Babinsa Serda Salhutni Koramil 416 – 07/Rimbo Bujang, terus mengkampanyekan di desa binaannya tentang pemanfaatan lahan tidur untuk diolah dan ditanami tanaman Palawija, dalam rangka untuk mewujudkan ketahanan pangan non beras di tengah masyarakat.

Hal itu disampaikan oleh Serda Salhutni, pada saat menyambangi kebun Palawija milik Parno anggota Kelompok Tani (Poktan) Bunga Trans, jalan Kerinci Desa Sukamaju Kecamatan Rimbo Ulu Kabupaten Tebo, Rabu (3/7/2019).

Dikonfirmasi Babinsa Serda Salhutni mengatakan, ia terus mengkampanyekan kepada warga diwilayah binaannya untuk memanfaatkan lahan tidur dengan menanami tanaman Palawija. Termasuk pekarangan rumah harus ditanami jamu – jamuan tradisional, maupun sayur mayur.

“Manfaatkan lahan tidur dengan menanami Palawija untuk mewujudkan ketahanan pangan, tanaman pekarangan jamu jamuan bisa untuk obat tradisional keluarga dan sayur mayur untuk mencukupi gizi keluarga juga menambah pendapatan ekonomi, ” kata Babinsa Serka Salhutni.

Selayang pandang tentang kehidupan Parno, selaku anggota Poktan Bunga Trans Desa Sukamaju keberhasilan Parno layak menjadi contoh petani lainnya.

“Sekitar 2 hektar dikebun saya ditanami beraneka tanaman antara lain seperti jagung, semangka, ubi jalar, ubi kayu, kacang panjang dan kacang buncis. Alhamdulillah hasil kebun saya, bisa untuk mencukupi kebutuhan keluarga, ” ucap Parno. (asa)

ADVERTISEMENT




ADVERTISEMENT