Bacaleg 2019, Mulai Padati Dinas Dukcapil Bungo Untuk Legalisir KK

Dibaca: 86 kali

SIDAKPOST.ID, BUNGO – Petugas Dinas Catatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Bungo, mulai melayani legalisir Kartu Keluarga (KK) dari Calon Legislatif,
baik itu, DPR RI. DPD RI, DPRD Provinsi maupun di DPRD Kabupaten pada tahun 2019 mendatang.

Seperti pantauan di lapangan, bukan hanya dari masyarakat yang dilayani oleh petugas Dukcapil dalam membuat dan legalisir KK, namun terlihat
juga beberapa dari perwakilan Partai Politik juga datang untuk legalisir Kartu Keluarga di Dukcapil.

Ketua Partai Amanat Nasional (PAN) Kabupaten Bungo, Martunis, dikonfirmasi mengatakan, dia bersama beberapa bakal Calon DPRD Bungo ikut melegalisir Kartu Keluarga untuk persyaratan ikut di busa Bacaleg pada 2019 mendatang.

“Ya kemarin memang ada beberapa orang dari Bacaleg dari Partai PAN, ikut melegalisir KK, dan KTP maupun Akte Kelahiran. Sengaja kita buat lrgalisir secara bersama, agar tidak ada yang ke cecer dari bursa Bacaleg nanti, ” ujar Martunis.

Sementara, Kepala Dinas Dukcapil. H. Ibnu Hajar dikonfirmasi membenarkan bawah sejak sepakan banyak yang akan ikut Bacaleg 2019, melegalisir Kartu Keluarga, Akte Kelahiran dan Kartu Tanda Penduduk (KTP).

“Sebelum dilegalisir semua Kartu Keluarga, Akta dan KTP kita cocok terlebih dahulu, bahwa dari data hendak dilegalisir benar-benar asli agar di kemudian hari tidak ada kendala daat melakukan pendaftaran sebagai Bacaleg Dewan,” ujar Ibnu Hajar.

Selain itu, dia menyebutkan administrasi itu mulai dari Kartu Kekuarga, Akta Kelahiran dan Kartu Tanda Penduduk (KTP).” Jadi tiga ini dilagelisir dan mereka harus menunjukkan aslinya karena seperti tadi kita temui salah satu calon ada Akte yang diubah nama atau hurufnya,” ungkap Ibnu Hajar.

Tak hanya di akte, tapi juga ada foto berbeda yang ditempel di KTP yang dilegalisir. “Jadi ado fotonyo mungkin kurang pas, ganti mode dia gunting dan ditempel lagi dan ketauan,” katanya.

Dia mengatakan data itu bisa diperbaiki. “Ganti-ganti terpakso ganti yang baru, misalnyo ktp yang baru. Jadi untuk yang menempel foto itu diulang balik rekam data. Besoknya insyaallah keluar, kalau tidak ada masalah jaringan,” katanya.

Ibnu Hajar mengatakan hampir seluruh bacaleg legalisir senin (2/7) lalu. “Hampir seluruhnya, ada yang sifatnya pribadi dan ada pula yang utusan dari partai. Sudah dari Senin (28/6) lalu,” katanya.

“Untuk pelayanan itu, Saya turun langsung dan siap melayani konsultasi 24 jam. Kalau ada yang ragu telpon saya untuk Caleg. Tapi tidak ada pelayanan khusus. Langsung saja membawa data aslinya dan distempel, diteliti dengan petugas di Kantor, ” tukasnya. (zek)

ADVERTISEMENT


ADVERTISEMENT

Komentar

Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*