Gelar Coaching Clinic, Karateka Shokaido Patuhi Sumpah Karate dan Tradisi

Dibaca: 249 kali

SIDAKPOST.ID, BUNGO – Coaching Clinic Gashuku dan ujian DAN nasional Shokaido terus mendapat ilmu Sensei Aswan Ali yang langsung datang dari Makassar.

Satu persatu teknik dan gerakan terus diberikan kepada 78 karateka Shokaido yang ikut ujian DAN besok pagi. Karena sumpah karate dan tradisi shotokan secara nasional.

Seinsei Aswan Ali dalam pamaparan materinya mengatakan, karateka sesungguhnya merupakan bisa memilihara keperebadian, jujur, prestasi, sopan satun dan menguasai diri. Jadi sikap dan keprebadian seorang karateka itu harus benar-benar ditanamkan dalan hati.

“Karena seorang karateka bukan hanya mengejar prestasi saja akan tetapi, sumpah karate setiap karateka wajib menaatinya. Karena tak berguna prestasi gemilang akan tetapi sopan santun tidak ada dan juga dilingan tidak menghargai sesama,” kata Aswan Ali, Sensei yang pernah juara Dunia.

Dikatakan Aswan Ali, sebelum ujian DAN seluruh karateka Shokaido harusbm disamakan gerakan dan teknik. Tak itu, saja semua gerakan wajib di mengerti apa kegunaan dan manfaatnya. Dengan cara seperti itu, setelah ujian sabuk digunakan itu bukan sekedar simbol belaka.

“Satu persatu semua gerakan dan tekanik wajib diketahui karena itu sangat penting. Oleh karena itu, sebelum ujian besok terus dimantapkan apa kegunaan dari semua gerakan dan penyamaan gerakan secara nasional,” ujarnya. (zek)

ADVERTISEMENT