Ribuan Masyarakat Bungo Pindah

Dibaca: 827 kali

SIDAKPOST.ID, BUNGO – Bukan hanya disibukan dengan habisnya blanko, KTP, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Bungo juga disibukan dengan pengurusan perpindahan masyarakat.

Sepanjang tahun 2018 saja, ribuan masyarakat Kabupaten Bungo berpindah keluar Bungo, ada juga yang datang untuk menetap di Kabupaten Bungo.

Hal ini disampaikan oleh Kadis Dukcapil Bungo, H Ibnu Hajar, tidak tahu secara pasti alasan kepindahan dan kedatangan masyarakat di Kabupaten Bungo ini.

Meski begitu, pihaknya mengatakan, kemungkinan dikarenakan mata pencaharian, ataupun karena sekolah. Dirinya memastikan, kepindahan tersebut bukan karena bencana alam.

Selama tahun 2018 dari Januari sampai per 31 Desember 2018, masyarakat Bungo yang berpindah keluar Kabupaten Bungo sejumlah 3.787 jiwa.

“Dan sebaliknya masyarakat diluar Kabupaten Bungo yang berpindah menetap di Kabupaten Bungo yang sudah dilaporkan kepada kami ada sebanyak 3.482 jiwa,” jelas Ibnu Hajar.

Sementara itu, masyarakat Kabupaten Bungo yang paling banyak berpindah ada di Kecamatan Rimbo Tengah.

“Hampir lebih kurang 409 jiwa yang pindah. Sementara itu yang datang sebanyak 262 jiwa,” imbuhnya.

Sedangkan untuk Kecamatan lain, seperti Kecamatan Pelepat Ilir yang pindah ada sebanyak 397 jiwa dan yang datang sebanyak 284. Selanjutnya, Kecamatan Pasar Muara Bungo ada sebanyak 351 jiwa pindah, dan sebanyak 197 yang datang.

Kemudian, Kecamatan Bungo Dani ada sebanyak 292 jiwa pindah dan sebanyak 236 jiwa yang datang. Ada 17 Kecamatan di Kabupaten Bungo masyarakatnya ada yang pindah dan datang.

“Ada yang datang dari luar Provinsi atau luar Kabupaten yang datang kesini. Ada yang pulang pindah ke Jawa, ada yang datang dari Jawa. Paling banyak antar Kabupaten di Provinsi Jambi,”ujarnya. (zek)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT




ADVERTISEMENT