Sertu Agus Edukasi Petani Kemangi, Untuk Topang Ekonomi

Babinsa Sertu Agus Nawanto, beri semangat Petani Kemangi di Jalan KH Ahmad Dahlan Wirotho Agung. Foto : sidakpost.id/Amir. Biro Tebo

SIDAKPOST.ID, TEBO – Bintara Pembina Desa (Babinsa) Sertu Agus Nawanto dariĀ  Koramil 416-07/Rimbo Bujang sambangi petani sayur di jalan 7 atau jalan KH Ahmad Dahlan Kelurahan Wirotho Agung, Kecamatan Rimbo Bujang, Kabupaten Tebo, Selasa (3/01/2023).

Hartono petani sayuran memiliki lahan luas 1/4 hektar dan ditanami daun kemangi juga terong. Dimana daun kemangi yang banyak dikonsumsi di rumah makan atau warung pecel lele dan lainnya di Rimbo Bujang.

Sertu Agus Nawanto pada sambangnya ini memberikan motivasi kepada Hartono untuk menjadi petani yang profesional, sehingga hasil tanaman bisa menopang ekonomi keluarga.

“Bagi warga yang memilki lahan kosong maka segera diolah untuk ditanami apa saja yang bisa menopang ekonomi keluarga. Seperti tanaman Palawija serta tanaman produktif lainnya bisa bernilai ekonomi dan kebutuhan rumah tangga,” ujar Agus.

Sementara itu, Hartono petani sayuran menyebutkan, lahan yang tidak terlalu luas ini sengaja ditanami tanaman kemangi dan terong. Dari daun kemangi bisa mendapat uang Rp 40 ribu per kilogram. Terong Rp6 ribu perkilogram.

“Alhamdulillah, dari hasil sayuran ini bisa untuk penopang ekonomi keluarga, untuk pembeli ada yang datang langsung kesini. Karena mereka lebih memilih ke kebun biar lebih segar sayurannya,” katanya.

Lanjut Hartono, daun kemangi merupakan tumbuhan aromatik yang berasal dari benua Asia dan Afrika. Selain digunakan sebagai campuran masakan dan lalapan, daun yang memiliki rasa sedikit pahit.

“Ini juga umum dikonsumsi dalam bentuk teh atau suplemen kesehatan. Hal ini karena daun kemangi dipercaya dapat menyembuhkan beberapa penyakit,” tukas Hartono. (asa)