Maret DPW JOIN Jambi, Akan Gelar Uji Kompetensi Wartawan

Dibaca: 321 kali

SIDAKPOST.ID, BUNGO – Jika tak ada ada halangan kabar gembira bagi pelaku Jurnalis di Provinsi Jambi, bahwasannya pengurus DPW JOIN Jambi menggelar Uji Kompetensi Wartawan (UKW) secara mandiri dengan menggandeng lembaga penguji yang telah terverifikasi Dewan Pers di tahun 2021.

Ketua DPW JOIN Jambi, Zakaria menjelaskan, UKW merupakan bentuk pengakuan dari negara bahwa sebagai jurnalis yang pofesional sehingga ini sangat penting untuk diikuti.

“Kesempatan terbaik ini agar tidak dilewatkan karena selama ini belum pernah dilaksanakan oleh JOIN dan akan dipusatkan di Kabupaten Bungo,” ujarnya.

UKW mandiri ini, jelas Zakaria akan mengundang seluruh pengurus langsung Dewan Pers dan Petinggi JOIN Indonesia.

“UKW ini telah mendapat dukungan penuh baik dari Dewan Pers maupun dari JOIN Pusat melalui Ketum yang Insya allah akan membuka langsung,” tambah Zakaria.

Menurut wartawan utama Dewan Pers ini, UKW bukan ‘Makluk Aneh’ yang harus ditakuti apalagi dihindari. Untuk menaklukkannya, jurnalis cukup memiliki pengetahuan umum dan jurnalis mumpuni, memiliki jejaring kuat dan keterampilan menulis dan opensif dalam kegiatan keredaksian diyakini akan meraih gelar wartawan kompeten.

Lanjut dikatakan, untuk mengetahui dan membekali anggota JOIN menuju UKW maka akan dilaksanakan pada bulan 3 tahun 2021. Namun sebelum itu pengurus DPW JOIN Jambi akan terlebih dahulu menyelenggarakan Bimtek UKW yang berlangsung di Kabupaten Bungo.

“Karena rencana kita UKW ini akan kita selenggarakan di Kabupaten Bungo, maka akan kita lakukan Bimtek terlebih dahulu,” tutup Zakaria. (cr1)

ADVERTISEMENT