Nah Gawat, Tunggakan Pelanggan PLN di Bungo Mencapai Rp 5,8 Milyar, PLN Ancam Putus Paksa

Dibaca: 517 kali

SIDAKPOST.ID, BUNGO – Tunggakan pelanggan PLN, Rayon Kota Muara Bungo, hingga Desember 2017 lalu, mencapai Rp 5,8 Milyar. Hal ini disampaikan langsung oleh, Manajer Area PLN Muara Bungo, Ridwan Adam, Senin (3/1/2017).

“Ya untuk jumlah tunggakan hingga Desember 2017 lalu angkanya sangat mengkhawatirkan, mengingat baru memasuki tahun 2018,” ujar Ridwan Adam saat jumpa pers di Kopi Bunga.

Dalam rincian jumlah tersebut di antaranya, merupakan tunggakan dari pelanggan umum seperti rumah tangga, perkantoran, Industri Kecil Menengah (IKM) dan masih banyak yang lainnya.

Sedangkan sisa tunggakan berasal dari instansi Pemerintah Daerah di Kabupaten Bungo dan instansi. Besarnya tunggakan itu desebakan, karena rendahnya disiplin dalam melakukan pembayaran.

“Pelanggan memang kurang disiplin melakukan pembayaran atas hak yang diterimanya, sehingga penunggakan cukup besar,” tambahnya.

Oleh karena itu, pihaknya terpaksa melakukan tindakan tegas yaitu, pemutusan sambungan kilometer listrik terhadap para pelanggan yang menunggak akibat tidak disiplin.

“Biasanya pemutusan KWH meter listrik tersebut hanya bertahan hingga dua hari, dan pelanggan kembali melakukan pembayaran karena listrik sudah menjadi sebuah kebutuhan pokok untuk masyarakat,” ujar Ridwan.

Menurutnya, pemutusan KWH meter listrik tersebut, hanya dilakukan terhadap pelanggan yang menunggak hingga dua bulan ke atas.

“Kurang lebih, 1.200 pelanggan terpkasa kami putuskan karena sudah lama sekali menunggak beberala bulan, yang tidak pernah dibayar sama sekali, “tutupnya. (zek)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT




ADVERTISEMENT