Waspada.! Aksi Maling, Koptu Poniman Ajak Warga Aktifkan Pos Kamling

Dibaca: 229 kali

SIDAKPOST.ID, TEBO – Ditengah suasana pandemi Covid-19 belum berakhir dan perekonomian masyarakat masih kembang kempis disemua lini bidang usaha, sudah mulai terdengar adanya aksi maling pencurian getah karet atau lum di kebun karet milik warga, mulai merebak terjadi di Kabupaten tetangga yaitu Kabupaten Bungo.

Diwilayah Kabupaten Tebo seperti di Kecamaran Rimbo Ilir juga sering terjadi aksi maling bobol rumah warga pada siang hari, saat dijalur desa sepi dan rumah kosong ditinggal pemiliknya pergi beraktivitas menyadap karet di kebunnya.

Menyikapi kondisi tersebut, Babinsa Koptu Poniman Koramil 416-07/Rimbo Bujang Kodim 0416/Bute melakukan patroli dialogis diwilayah binaannya, mengingatkan para Kepala Dusun yang ada di Desa Rantau Kembang Kecamatan Rimbo Ilir, untuk terus meningkatkan keaktifan Pos Kamling dan Ronda malam di jalurnya masing- masing.

” Kepada Bapak Kepala Dusun untuk memerintahkan para Ketua RT nya, agar meningkatkan keaktifan Pos Kamling dan Ronda malam, guna menjaga sitkamtibmas dari aksi kejahatan atau pencurian di malam hari,”ujar Babinsa Koptu Poniman, Selasa (02/11/2021).

Kalau disuatu desa atau kelurahan Pos Kamling dan Ronda malamnya aktif, sebut Koptu Poniman, maka pelaku kejahatan akan pikir-pikir dulu melakukan aksi kejahatannya karena takut dipergoki petugas Ronda malam.

“Mengaktifkan pos keamanan lingkungan dan Sistem keamanan keliling yang dilakukan petugas Ronda malam, akan lebih efektif dalam menjaga Situasi keamanan dan ketertiban masyarakat dilingkungan desa atau kelurahan,” tutup Babinsa Poniman. (asa)

ADVERTISEMENT