Bahaya Mengkonsumsi Makanan Ringan Bagi Kesehatan

Dibaca: 90 kali
foto istimewa

KESEHATAN – anyak makanan yang mengandung bahan-bahan kimia tambahan yang tentunya sangat berbahaya bagi kesehatan, apalagi pengonsumsi kebanyakan adalah anak-anak yang sedang mengalami tumbuh kemban.

Setelah membaca artikel ini pastikan Anda bagi yang punya anak untuk mengatur pengkonsumsian makanan ringan yang berlebihan karena hal tersebut dapat mengganggu pertumbuhannya. Lalu mengapa makanan ringan berbahaya bagi kesehatan?

1. Monosodium glutamat (MSG)

Monosodium glutamat (MSG) atau yang lebih sering dikenal vetsin berguna untuk memberikan rasa gurih pada makanan. Bila dikonsumsi secara berlebihan dapat menyebabkan:

Dapat mengakibatkan penyakit Asma
mengalami sakit kepala menurunkan daya ingat. Kesulitan untuk tidur merasa ketagihan dan kemungkinan terburuk adalah menyebabkan penyakit kanker. Sebenarnya kita boleh-boleh saja menggunakan bahan tersebut, namun harus sesuai takaran.

2. Aspartam

Aspartam bisa ditemukan hampir di setiap kemasan makanan ringan. Bahan yang satu ini merupakan bahan kimia beracun yang diproduksi oleh perusahaan Monsanto. Aspartam telah banyak beredar di dunia tanpa terkecuali Indonesia yang biasa digunakan untuk bahan pengganti gula.

Bahaya yang dapat timbul akibat pengkonsumsian yang terlalu berlebihan:

Memicunya penyakit limfoma
Resiko besar untuk terkena leukimia
Dapat menyebabkan kanker.

3. Pewarna makanan

Pewarna makanan merupakan salah satu bahan yang harus selalu ada di setiap makanan ringan.

Mengapa begitu? Ya… karena dengan bahan tersebut dapat menarik anak-anak maupun orang yang melihatnya. Namun di balik itu terdapat efek buruk yang dapat mengancam kesehatan seperti:

Mengganggu fungsi hati Menimbulan iritasi pada kulit termasuk kedalam kasinogenik sehingga dapat memicu terjadinya penyakit kanker.

4. Natrium Benzoat dan Kalium Benzoat

Kedua bahan di atas berfungsi untuk mengawetkan makanan. Bahaya dari Natrium Benzoat dan Kalium Benzoat dapat menyebabkan:

Kerusakan tiroid memicu terjadinya kanker itulah bahaya mengkonsumsi makanan ringan bagi kesehatan.

Kesehatan merupakan anugrah terbesar dari Tuhan Yang Maha Esa, jadi semaksimal mungkin kita harus menjaganya. Cukup sekian, semoga artikel ini bermanfaat.

Sumber : Promkes Dinkes Bungo

ADVERTISEMENT





ADVERTISEMENT