Zulkifli Hasan : Pemerintah Berupaya Tingkatkan Harga TBS

Tampak Zulkifli Hasan Saat Tinjau Pasar Angso Duo bersama Gubernur Jambi. Foto : sidakpost.id/Ratna Sari

SIDAKPOST.ID, JAMBI – Menteri Perdagangan RI Zulkifli Hasan ungkapan Pemerintah Harus terus Tingkatkan Harga Tandan Buah Segar (TBS) Sawit di tingkat petani di atas Rp 2.000/kg.

Hal ini sesuai arahan Presiden Joko Widodo. Untuk itu, Kementerian Perdagangan akan melakukan
beberapa langkah, salah satunya dengan menghapuskan pungutan ekspor USD 200.

“Pungutan yang diambil pemerintah, pertama, pungutan ekspor USD 200 sudah kami tangguhkan, tidak dipungut lagi. Artinya, pemerintah sudah memberikan Rp 600/kg untuk sawit. Jadi, bukan dari pengusahanya. Kalau harga TBS kemarin Rp1.200/kg ditambah Rp600 menjadi Rp1.800/kg,” ujar Zulkifli, Selasa (02/8/2022).

Zulkifli Hasan percaya pengusaha akan patuh dengan menyesuaikan harga di tingkat petani. Dia percaya pengusaha akan patuh. Pengusaha susah, petani susah, rakyat susah, maunya pengusaha bagus, rakyat senang dengan harga minyak goreng curah, petaninya senang.

“Kita akan berusaha keras dalam 1–2 minggu ke depan harga TBS harus sudah Rp 2000/kg ke atas,” kata dia.

Lebih lanjut, dia mengatakan jika dalam waktu tersebut belum ada perubahan Harga masyarakat di minta untuk lakukan komplain kepada Pemerintah

“Iya, kalau belum ada perubahan harga masyarakat di persilahkan komplain kepada pemerintah bahkan masyarakat harus menanyakan dengan tegas kepada Pemprov terkait harga TBS, “cetusnya. (rsa)