Vitamin A, Zat Gizi Sangat Diperlukan Oleh Tubuh

Wiya Lulita Putri, S.K.M. Seksi Promkes Dinkes Bungo. Foto : sidakpost.id/Zakaria/promkes

Vitamin A adalah salah satu zat gizi penting yang larut dalam lemak dan disimpan dalam hati, tidak dapat dibuat oleh tubuh, sehingga harus dipenuhi dari luar.

Berdasarkan kajian berbagai studi ditemukan bahwa Vitamin A merupakan zat gizi yang sangat diperlukan bagi manusia, karena zat gizi ini penting agar proses-proses fisiologis dalam tubuh berlangsung secara normal, termasuk pertumbuhan sel, meningkatkan fungsi penglihatan, meningkatkan imunologis dan pertumbuhan badan.

Sumber vitamin A bisa dari Air Susu Ibu; Bahan makanan hewani seperti : Hati, Kuning Telur, ikan, daging, ayam, dan bebek; buah-buahan warna kuning dan jingga seperti Pepaya, Mangga masak, Alpukat, Jambu merah, dan Pisang; Sayuran yang berwarna hijau tua dan berwarna jingga seperti: Bayam, Tomat, dan Wortel; Bahan makanan yang diperkarya dengan vitamin A seperti margarine, dan susu.

Adapun manfaat dari vitamin A, yaitu:
Meningkatkan daya tahan tubuh terhadap penyakit dan infeksi seperti campak dan diare. Membantu proses penglihatan dalam adaptasi terang ke tempat yang gelap mencegah kelainan pada se-sel epitel termasuk selaput lender mata.