Sang Nenek dan Cucu di Bungo Kaget, Sedang di Kamar Rumah Terbakar

Tampak Petugas Damkar Bungo Berjibaku Padamkan Api. Foto : sidakpost.id/zakaria

SIDAKPOST.ID, BUNGO – Rumah milik ketua RT 12 RW 04, di kelurahan Sungai Kerjan, Kecamatan Bungo Dani, kabupaten Bungo, terbakar sekira pukul 14.46 WIB, Selasa (2/8/2022).

Rumah tersebut milik, Purnama Efendi (48) seorang ASN dan juga selalu ketua RT tempat kejadian. Saat kejadian sang penghuni rumah sedang di kamar tidur siang, ada anak pemilik rumah, Cantigi (14) ,dengan sang nenek Ani (60) tahun.

Detik detik api membakar rumah ketua RT di Kelurahan Sungai Kerjan, Bungo. Foto : zakaria

“Tadi istri saya pulang sekolah jemput anak, mengabari kalau rumah Purnama terbakar. Saat itu juga, saya bergegas pulang dan langsung memberi penghuni rumah yang sedang tertidur di kamar, pada saat itu api belum membesar,”kata ketua RT, Suprianto.

Karena ada nenek Ani dan cucunya di dalam rumah maka terpaksa rumah tadi digedor untuk memberitahukan kalau rumah terbakar. Sontak karena digedor maka sang nenek dan cucunya keluar dari rumah dan diselamatkan.

“Kalau dilihat tadi api bersumber dari dapur karena kata cucu, tadi nenek Ani tadi sempat memasak air. Semua dapur ludes terbakar dan menyambar ke ruang tengah. Beruntung ada barang -barang yang diselamatkan,”tutupnya.

Kasi penyelamatan dan pemadaman kabupaten Bungo, Ariyanto mengatakan, mendapat kabar rumah milik bapak Purnama Efendi terbakar petugas bergerak cepat ke lokasi kejadian.

“Setiba di lokasi api memang membesar dan petugas kita berusaha menyelamat barang-barang berharga. Seperi sepeda motor, tiga unit, uang berkisar Rp 40 juta dan juga surat-surat lainnya berhasil kita selamatkan,”katanya.

Kata dia, penyebab kebakaran diduga kuat dari dapur karena api bersumber dari dapur. Karena api menyambar ke bagian plafon rumah maka begitu cepat api membesar. Dengan dua unit armada pemadam maka api bisa di padamkan.

“Secara keseluruhan belum bisa ditaksir berapa kerugian yang dialami pemilik rumah. Namun, untuk korban jiwa tidak ada hanya bangunan rumah yang habis terbakar,” .tukasnya. (zek)