1352 Hewan Kurban di Tebo Steril, Siap Untuk Disembelih di Idul Adha

Dibaca: 164 kali

SIDAKPOST.ID, TEBO – Pemerintah menetapkan Hari Raya Idul Adha 10 Zulhijah 1440 Hijriah jatuh pada Minggu (11/8/2019) mendatang, penetapan ini merujuk pada hasil Sidang Isbat penetapan awal bulan Zulhijah 1440 Hijriah/2019 Masehi di Kemenag.

Terkait Hewan Kurban, Kepala Disbunakan Tebo melalui Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan Sapto Widodo dikonfirmasi sidakpost.id menuturkan, bahwa untuk Stok Hewan Kurban di Kabupaten Tebo pada Idul Adha 1440 Hijriah/2019 Masehi dalam keadaan aman dan surplus.

“Benar untuk Stok Hewan Kurban di Tebo pada Idul Adha tahun 2019 ini , masih aman bahkan mencukupi serta lebih.”terang Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan Sapto Widodo, Jumat (2/8/2019).

Dikatakannya, sampai dengan hari ini sebanyak 1352 ekor Hewan Kurban dari berbagai jenis untuk Stok di Hari Idul Adha di Kabupaten Tebo, sudah diperiksa oleh petugas dari Puskeswan di Kecamatan dan dinyatakan Steril dan sehat.

” 1352 ekor Hewan Kurban di Tebo dinyatakan Steril dan Sehat siap disembelih, dengan rincian Sapi 978 ekor, Kerbau 88 ekor, Kambing 284 ekor dan Domba 2 ekor,” pungkas Sapto.

Terpisah, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Tebo KH Rifa’i Ahmad dikonfirmasi mengatakan, kepada umat islam yang mampu diperintahkan untuk berkurban Hewan. Adapun jenis Hewan dan standarnya, sudah diatur dalam syariat islam.

“Rangkaian kegiatan Idul Adha dimulai dari Takbiran di Madjid atau Mushalla pada malam Idul Adha, pagi harinya Salat Idul Adha dan usai Salat Idul Adha dilaksanakan penyembelihan Hewan Kurban,” jelas KH Rifa’i Ahmad. (asa)

ADVERTISEMENT





ADVERTISEMENT