Ketahanan Pangan, Babinsa Ishak Ajak Warga Manfaatkan Lahan Tidur

Dibaca: 146 kali

SIDAKPOST.ID,TEBO – Ditengah kondisi pandemi Covid-19 seperti sekarang ini membuat semua sektor usaha masyarakat mengalami kelesuan dan perekonomian makin merosot drastis, untuk memerangi dan memutus mata rantai Virus Corona masyarakat agar
mematuhi protokol kesehatan.

Protokol kesehatan menggarisbawahi agar masyarakat mengeterapkan
Fhysical Distancing atau menjaga jarak fisik dan Social Distancing menjaga jarak sosial, dengan tetap tinggal dirumah serta mengurangi aktifitas diluar rumah.

Untuk mengurangi kejenuhan tinggal dirumah dan mendukung pendapatan ekonomi keluarga serta mewujudkan ketahanan pangan, warga masyarakat harus membuat terobosan usaha sambilan yaitu dengan memanfaatkan lajan tidur dan pekarangan rumah dengan menanami tanaman produktif.

Seperti yang dilakukan oleh Babinsa Sertu Ishak Koramil 416 – 07/Rinbo Bujang Kodim 0416/Bute, bersama Surati (warga-red) mengolah lahan tidur atau lahan kosong seperempat hektar untuk ditanami ubi dan jagung, yang berlokasi di jalan KH Ahmad Dahlan Wirotho Agung Kecamatan Rimbo Buhang Kabupaten Tebo.

Babinsa Sertu Ishak dikonfirmasi menuturkan, untuk mewujudkan ketahanan pangan agar warga dapat memanfaatkan lahan tidur diolah dan ditanami tanaman palwija, seperti ubi, jagung, kedelai, kacang hijau dan tanaman produktif lainnya.

“Kepada warga masyarakat mari manfaatkan lahan kosong untuk ditanami jagung dan ubi dan lainnya untuk ketahanan pangan, pekarangan rumah tanami sayuran untuk gizi dan mebambah pendapatan ekonomi keuarga,”tutur Babinsa Sertu Ishak, Selasa (02/06/2020). (asa)

ADVERTISEMENT





ADVERTISEMENT