Danrem Dampingi Gubernur Jambi Tinjau Harga Sembako di Pasar Angso Duo

Dibaca: 87 kali

SIDAKPOST.ID, JAMBI – Komandan Korem 042/Gapu Kolonel Arh Elphis Rudy bersama Kapolda Jambi Irjen Pol Drs Muchlis AS MH dan Satgas Pangan Provinsi Jambi yang diketuai Sekda Provinsi Jambi Drs M Dianto dampingi Gubernur Jambi H Fachrori Umar meninjau harga kebutuhan pokok di Pasar Angso Duo Jambi, Minggu (2/6/2019) pagi. Peninjauan itu guna memantau harga jelang HarI Raya Idul Fitri 1440 H yang jatuh pada 5 Juni 2019.

Gubernur Jambi dan rombongan menuju lokasi para pedagang berjualan. Rombongan pertama menuju kios para penjual daging. Disini, Gubernur Jambi dan Kapolda Jambi menanyakan langsung harga daging sapi. Harga daging sapi cukup stabil dikisaran Rp 130.000/Kg. Sementara harga ayam potong Rp 37.000/Kg.

Usai meninjau kios daging, Gubernur Jambi dan Kapolda Jambi, Danrem 042 Gapu dan Tim Satgas pangan Provinsi Jambi berkeliling pasar menanyakan harga sembako lainnya, seperti sayuran, ikan segar, telor dan kebutuhan pokok lainnya.

Usai melakukan peninjauan, Fachrori kepada wartawan mengatakan, harga bahan kebutuhan pokok masih terpantau normal. Namun Fachrori juga mengakui ada beberapa komoditi yang mengalami kenaikan.

“Ini melihat tentang jualan-jualan disini dan nampaknya biasa-biasa saja, namun ada juga yang sedikit (naik) karena memang maklumlah kalau harganya begini mau tidak mau kita harus beli,” katanya.

Fachrori juga meminta Satgas Pangan Provinsi Jambi untuk melakukan pengawasan terhadap keadaan pasar agar harga-harga tidak mengalami kenaikan yang cukup signifikan, apalagi sampai ada komuditi yang kosong atau pasokan kurang.

Sementara Kepala Dinas Pendistribusian dan Perdagangan (Disperindag) Provinsi Jambi Drs. Ariansyah, ME menambahkan, bahwa gejolak kenaikan harga hanya terjadi untuk komuditi cabai yang mencapai Rp 50.000/Kg.

“Cabe merah yang naik saat ini Rp50.000 per kg. Memang stoknya, pasokan kebutuhan. Kalau untuk daging masih normal. Harga daging ayam ada kenaikan dari Rp 35.000/Kg kini naik menjadi Rp 37.999/Kg,” katanya.

Sementara itu, Kapolda Jambi Irjen Pol Muchlis AS mengatakan untuk situasi Kapolisian dari Jambi masih dalam keadaan kondusif tidak ada kejadian yang meresahkan.”Hanya ada kejahatan biasa yang sifatnya konvensional,” ujarnya.

Muchlis menyebutkan untuk pos pelayanan dan pengamanan mudik lebaran sudah tersebar di berbagai tempat. Terdapat 30 pos pengamanan, 25 pos pelayanan dan 4 pos PAM terpadu.

“Semua sudah ditempati gabung antara TNI dan Polri beserta instansi terkait sedang melaksanan pengamanan baik di jalur mudik maupun tempat perbelanjaan dan pertokoan,” sebutnya.

Ia menghimbau untuk masyarakat jika membawa uang dalam jumlah banyak, pihak kepolisian siap memberikan pelayanan pengamanan gratis.

Pada kesempatan lain Danrem 042/Gapu Kolonel Arh Elphis Rudy mengatakan, sidak pasar bersama Gubernur Jambi dan Timsatgas Pangan Provinsi Jambi guna untuk mengecek langsung harga sembako jelang perayaan Idul Fitri 1440 H. Juga memastikan ketersediaan pangan agar masyarakat dapat merayakan Idul Fitri dengan tenang dan nyaman. (penrem042gapu)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT




ADVERTISEMENT