Pemkab Bungo Gelar Upacara Peringatan Hari Otonomi Daerah dan Hardiknas

Wakil Bupati Bungo H Safrudin Dwi Ariyanto, saat membacakan amanat pada Hari Otonomi Daerah dan Hardiknas 2023, Selasa (2/5) Foto : sidakpost. id/Julian. Biro Bungo

SIDAKPOST. ID, BUNGO – Pemerintah Kabupaten Bungo menggelar upacara peringatan Hari Otonomi Daerah ke 27 dan Hari Pendidikan Nasional tahun 2023, berpusat di lapangan kantor Bupati Bungo, Selasa (2/5/2023).

Bertindak sebagai inspektur upacara, Wakil Bupati Bungo H Safrudin Dwi Aprianto. Dengan diikuti unsur Forkopimda, Kepala OPD, dan peserta upacara lainnya.

Mengawali amanatnya, Wabup Apri mengatakan, masih dalam suasana bulan syawal izinkan atas nama Pemerintah Kabupaten Bungo menyampaikan ucapan selamat Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah tahun 2023 Masehi, Minal aidin wal faizin kepada kita semua umat Islam yang merayakannya.

“Semoga di hari raya Idul Fitri tahun ini kita kembali Fitrah atau suci sebagaimana kita dilahirkan dahulu, hendaknya Idul Fitri ini kita jadikan sebagai momentum untuk saling memaafkan atas semua kesalahan yang kita lakukan selama ini,” ucap Apri.

Hari Otonomi Daerah ke-27 yaitu sebuah peristiwa sejarah tentang pelimpahan sebagian kewenangan pemerintah pusat kepada pemerintah daerah guna melaksanakan urusan rumah tangga daerah dalam kerangka otonomi seiring dengan terbitnya keputusan presiden nomor 11 tahun 1956 tentang hari atau daerah setiap tanggal 25 April seluruh jajaran pemerintah daerah diinstruksikan untuk melaksanakan upacara peringatan Hari otonomi daerah, peringatan ini dimaksudkan untuk memasyarakatkan dan sekaligus memantapkan pelaksanaan otonomi daerah di seluruh wilayah Indonesia.

“Sehubungan dengan hal tersebut, pada kesempatan yang baik ini saya menegaskan tentang pentingnya kembali memperkuat cita-cita pemerintah pusat untuk melaksanakan penyelenggaraan pemerintahan di daerah sebagaimana kita ketahui bersama bahwa disertasi merupakan solusi atas kekecewaan sejumlah daerah terhadap sistem Pengelolaan pemerintahan di masa yang lalu,” Ungkapnya.

 

Lahirnya otonomi daerah yang memberi peluang kepada daerah untuk mengelola urusan rumah tangga secara otonom dengan memanfaatkan segala potensi yang dimiliki otonomi daerah pula yang membuka pintu selebar-lebarnya bagi masyarakat daerah untuk memilih sendiri kepala daerah dan wakil kepala daerah.

” Tentu harus kita syukuri sembari senantiasa kita isi dengan pembangunan yang ditujukan untuk sebesar-besar kemakmuran dan kesehatan masyarakat hal ini secara selaras dengan tema hari atau daerah tahun 2023 ini yaitu otonomi daerah maju Indonesia unggul,” Tambahnya.

Bersamaan dengan itu, Sambung Apri, hari ini juga memperingati Hari Pendidikan Nasional tahun 2023, berdasarkan catatan sejarah peringatan hardiknas tidak lepas dari sosok dan perjuangan Ki Hajar Dewantara selaku pelopor pendidikan bagi kaum pribumi Indonesia di era kolonialisme bahkan penetapan tanggal 2 Mei sebagai peringatan juga sebagai bentuk apresiasi sekaligus penghormatan penghargaan negara atas hari kelahiran Ki Hajar Dewantara.

“Peringatan Hardiknas tahun 2023 ini mengambil tema bergerak bersama semarakkan Merdeka belajar, tema tersebut mengingatkan pada kita semua terutama para pemangku kepentingan seperti institusi pendidikan, dunia industri, masyarakat, keluarga, guru dan dosen untuk berusaha keras menjadi agen perubahan dalam mengembangkan pendidikan di tanah air, konsep merdeka belajar adalah suatu pendekatan yang dilakukan agar peserta didik dapat memilih pelajaran yang diminati sehingga peserta didik bisa mengoptimalkan minat dan bakat serta memberikan sumbangan terbaik dalam berkarya tidak hanya bagi daerah tetapi juga bagi bangsa dan negara,” tutupnya. (Jul)