Cegah Penyakit Rabies, Hewan Anjing dan Kucing Pos Keswan di Tebo Ulu Berikan Vaksin

Dibaca: 259 kali

SIDAKPOST.ID, TEBO – Untuk mencegah penularan penyakit Rabies diakibatkan gigitan hewan atau binatang kepada manusia, POS Keswan Kecamatan Tebo Ulu Kabupaten Tebo gencar melakukan Vaksinasi terhadap binatang peliharaan masyarakat seperti Anjing dan Kucing yang ada di Kelurahan dan Desa di wilayah Tebo Ulu.

Pada umumnya kebanyakan binatang yang dipelihara oleh masyarakat yakni Anjing dan Kucing, sementara binatang Kera sangat jarang dipelihara oleh masyarakat.

Ketiga binatang tersebut bisa terjangkit penyakit Rabies, apabila binatang tersebut mengidap penyakit Rabies dan menggigit atau mencakar manusia dapat berakibat berbahaya dan fatal terhadap korbannya.

“Benar, apabila binatang seperti Anjing, Kucing dan Kera yang mengidap penyakit Rabies menggigit atau mencakar manusia bisa menular penyakit Rabies dan Korbanya bisa fatal apabila tidak segera mendapat pertolongan medis,” terang drh Anisrullah Petugas Pos Keswan Tebo Ulu, dikonfirmasi, Jumat (2/3/2018).

Untuk mencegah dini binatang peliharaan terjangkit penyakit Rabies, kata Anisrullah, petugas Pos Keswan Tebo Ulu memberikan Suntikan Vaksinasi terhadap Anjing dan Kucing peliharaan milik masyarakat di semua Desa dan Kelurahan di Tebo Ulu.

Vaksinasi yang dilakukan oleh petugas Pos Keswan secara rutinitas setahun dua kali , sampai saat ini diwilayah Tebo Ulu belum diketemukan hewan yang terjangkit penyakit Rabies.

“Kita jadwalkan petugas melalukan Vaksinasi dalam satu hari satu desa setiap hari Senin sampai dengan hari Kamis dan kita sudah melakukan Vaksinasi disejumlah desa seperti di Desa Lubuk Benteng, kita menghimbau kepada masyarakat yang memelihara hewan Anjing, Kucing maupun Kera untuk di vaksin oleh petugas supaya terhindar dari penyakit Rabies,” tutup Anisrullah. (asa)

ADVERTISEMENT





ADVERTISEMENT