Warga Kota Muara Bungo Produksi Sampah 65 Ton Per Hari

Ini lah pantauan sidakpost.id, produksi sampah yang ada di TPS Pasar Bungur Pasar Atas Muara Bungo. Foto : sidakpost.id/Zakaria.

SIDAKPOST.ID, BUNGO – Dinas Lingkungan Hidup kabupaten Bungo angkut sampah ke TPA mencapai 60-6,5 ton per hari. Sampah itu agak kesulitan dibuang ke TPA bila hari hujan, karena ada beberapa titik jalan rusak dan harus antre untuk sampai ke TPA.

Hal itu dibenarkan oleh Kabid Kebersihan Zulkarnain kepada sidakpost.id, untuk unit angkutan dari  tempat pembuangan  sementara (TPS) di kota Muara Bungo ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) ada 12 unit kendaraan.

Baca Juga :  Musim Hujan Jalan Menuju TPA Berlumpur, Sampah di Kota Muara Bungo Menumpuk

“Per hari sampah yang dibuang ke TPA itu berjumlah 60-65 ton, baik sampah rumah tangga, sampah pasar, sampah kayu-kayu dan sampah plastik satu mobil mencapai 2.5 ton per hari,” ujar Zulkarnain, Kamis (2/02/2023).

Beginilah Kondisi Sampah yang berada di TPA di Kampung Benit, Kecamatan Rimbo Tengah, Kabupaten Bungo. Foto : sidakpost.id/zakaria

Zulkarnain menambahkan, setelah sampah di buang ke TPA sebagian juga diambil oleh pemulung yang setiap harinya tak kurang dari 20 orang. Mereka memilah mana sampah plastik yang bisa di jual lagi.

“Kami juga memilih sampah yang organik maka kami giling dan di cacah dijadikan pupuk. Karena sampah sampah itu tidak semua dibakar sebagian yang organik itu tetap kita olah. Tapi kalau sampah bekas bangunan langsung kita bakar,” ucapnya.

Zul juga menjelaskan, setiap hari petugas kebersihan yang membawa mobil ke TPA mendapat jatah dua kali sehari. Untuk yang ada di pasar membuangnya dilakukan sore hari hingga malam hari, karena kalau pagi hari aktivitas pasar masih ramai.

“Kalau kendala cuma musim hujan, namun kalau hari panas mobil pengangkut ke TPA lancar. Karena persoalan sampah rumah tangga dan sampah lainnya benar-benar di maksimalkan agar tidak menumpuk di TPS yang ada di kota Muara Bungo,” kata dia.

Bila terlihat sampah di TPS masih numpuk itu pertanda mobil yang mengangkut dari kota Muara Bungo menuju TPA terkendala  akses jalan. Itu bila hari hujan, kalau tidak hujan semua lancar sampai ke TPA yang berada di Kampung Benit, Rimbo Tengah.

“Kami juga berharap agar seluruh warga di kota Muara Bungo membuang sampah di TPS. Jangan sampai dibuang di jalanan, itu bisa menimbulkan bau yang tak sedap dan merusak pemandangan. Mari sama sama menjaga kota kita agar bersih dan indah, ” tutup Zulkarnain. (zek)