Program Pamsimas Bantu Warga Karang Sambung Peroleh Air Bersih

Dibaca: 120 kali

SIDAKPOST.ID, BEKASI – Berkat program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) warga Desa Karang Sambung Kecamatan Kedung Waringin kini sudah bisa menikmati air bersih, Sabtu (1/02/2020).

Sebelumnya warga desa kesulitan mendapatkan air bersih. Saat ini sedikitnya ada 300 KK yang akan mendapatkan pelayanan air bersih hingga menjangkau rumah mereka.

Kepala Desa Karang Sambung, Tri Rulli Lesmana mengungkapkan program Pamsimas di Desa Karang Sambung menggunakan sumur bor tepatnya di Dusun tiga. Dengan adanya saluran air dari Pamsimas ini bisa memudahkan warga untuk mendapatkan air bersih.

“Air sumur dipompa ke menara bak penampung dan didistribusikan kepada masyarakat menggunakan pipa dengan total panjang kurang lebih 1.000 meter dan bisa menjangkau di tiga dusun dengan kuota 300 KK,” kata Kades.

Menurut Syahril Mubarok, sarana yang telah dibangun itu selanjutnya dikelola dan dipelihara oleh masyarakat sendiri dengan membentuk KP SPAMS (Kelompok Pengelola Sistem Penyediaan Air Minum dan Sanitasi).

“Selain air bersih juga dikenakan tarif yang berdasarkan hasil musyawarah Warga. Tujuan tarif untuk pengelolaan pembangunan sarana, perawatan, dan sosial,” tandas Syahril Sekretaris Pengelola KP SPAMS. (adv/Sg)

ADVERTISEMENT









ADVERTISEMENT