IPM di Jambi Semakin Membaik Pasca Covid, Tingkat Kemiskinan Menurun

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Jambi Agus Sudibyo. Kamis (1/12). Foto : sidakpost.id/Ratna. Biro Jambi

SIDAKPOST.ID, JAMBI –  Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di Provinsi Jambi dalam menyelesaikan permasalah penanganan pandemi covid-19 berjalan dengan baik.

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Jambi Agus Sudibyo menjelaskan, dalam menghadapi pandemi mulai dari cakupan vaksinasi semakin luas, tingkat kematian semakin rendah dan pada bulan Mei 2022 pemerintah melonggarkan syarat kegiatan masyarakat, salah satunya melalui SKB tiga materi terkait sekolah tatap muka.

Sedangkan untuk pemulihan ekonomi Nasional terus berlanjut dah semakin menguat seperti tren pertumbuhan ekonomi tahunan meningkat secara persisten dan telah tumbuh di atas empat persen sejak Q1 2022.

Keadaan Ketenagakerjaan semakin membaik, pengangguran menurun, dan penduduk usia kerja yang terdampak pandemi berkurang secara signifikan.

“Bahkan tingkat kemiskinan, semakin menurun, kemiskinan di perdesaan sudah lebih rendah di bandingkan sebelum pandemi,” ucapnya, Kamis (1/12/2022).

Pada tahun 2022, IPM Provinsi Jambi mencapai 72.14 persen meningkat sekitar 0.71 persen dibandingkan tahun 2021.

“Sejak tahun 2013 sampai 2022, IPM Provinsi Jambi mencatat rata-rata pertumbuhan pertahun sebesar 0.70 persen,” pungkasnya. (rsa)