Sertu Teguh, Bantu Jemur Padi Warga

SIDAKPOST.ID, BUNGO – Babinsa Koramil 416-01/Rantau Pandan, Sertu Teguh  melakukan pendampingan kepada petani yang berada di Desa Laman Panjang Kecamatan Bathin III Ulu, melaksanakan penjemuran padi milik Bapak Rozi, Minggu (01/12/2019).

Pendampingan petani yang dilakukan oleh Babinsa bertujuan untuk meningkatkan produksi padi dan mensukseskan Program Pemerintah dalam mewujudkan Swasembada pangan Nasional.

“Proses pengolahan gabah menjadi beras melalui proses pemanenan, perontokan, pengeringan, penggilingan dan penyimpanan Gabah saat di panen pada tingkat kadar air sekitar 22% sampai 25% basis basah,” katanya.

Dikatakan, gabah dengan kadar air demikian tidak dapat langsung digiling karena kulitnya masih cukup basah sehingga sukar pecah dan terkupas. Gabah perlu di keringkan hingga kadar airnya berkisar 14% basis basah.

“Jika gabah tidak segera di keringkan akan terjadi kerusakan pada butir beras yang akan di hasilkan ditandai dengan warna beras yang tidak bagus bisa putih Gabah dengan kadar 15% tidak mempunyai ketahanan simpan,”ungkap Sertu Teguh. (RED)