“Jangan Sampai Menyesal, Ayo Berikan Bayi ASI Eksklusif ”  

Dibaca: 67 kali
ilustrasi (ist)

KESEHATAN – Air susu ibu (ASI) merupakan makanan terbaik bagi bayi dan diberikanminimal pada 6 bulan pertama kelahiran bayi. ASI mencukupi semua kebutuhannutrisi bayi.

Seperti protein, karbohidrat, lemak, vitamin, dan mineral. ASI juga mengandung zat kekebalan tubuh dari ibu yang dapat melindungi bayidari berbagai penyakit.

Sayangnya, sering kali pemberian ASI selama 6 bulanpertama dicampur dengan susu formula. Alasannya, ASI sudah tidak keluardari payudara ibu atau tidak cukup memenuhi kebutuhan bayi.Banyak yang ternyata tidak tahu pentingnya ASIeksklusif.

Setelah tahu,kemudian menyesal. Semua ibu bisa memberikan ASI eksklusif dengan lancarjika asupan gizinya baik sejak mengandung maupun setelah melahirkan. Setiapibu pun harus memiliki niat yang kuat untuk tetap memberikan ASI eksklusifdan tetap berusaha ketika ASI mulai sulit keluar.

Jangan ketika ASI tidakkeluar langsung memberikan bayi susu formula.Pada 6 bulan pertama kehidupan, sistem imun bayi belum sempurna dan organ pencernaannya belum matang sehingga membutuhkan asupan gizi yang mudahdicerna. ASI juga mengurangi risiko bayi terkena alergi.

Banyak penelitian mengungkapkan, pemberian ASI juga membuat bayi memilikirisiko lebih rendah terkena penyakit degeneratif,seperti darah tinggi,diabetes, dan obesitas.

Pemberian ASI eksklusif selama 6 bulan ini pun termasuk dalam pentingnyaasupan gizi pada 1000 hari pertama kehidupan bayi. Gizi yang baik pada awalkehidupan menentukan masa depan anak. (*)

Sumber : Promkes Dinkes Bungo

ADVERTISEMENT





ADVERTISEMENT