Lepas Kafilah MTQ Bupati Bungo Ingatkan Protokol Kesehatan

Dibaca: 330 kali

SIDAKPOST.ID, BUNGO – Bupati Bungo H Mashuri secara resmi melepas keberangkatan kafilah asal Bungo yang akan mengikuti Musabaqah Tilawatil Qur’an ke-50 tingkat Provinsi Jambi di Kabupaten Tanjung Jabung Barat, dengan disertai pesan penting yaitu tetap harus menerapkan prokes covid-19.

Pelepasan kafilah asal Kabupaten Bungo dilaksanakan di halaman wisma ali sudin rumah dinas Bupati Bungo. Hadir dalam pelepasan kafilah, wabup Bungo H Safrudin Dwi Aprianto, forkopimda Bungo, ketua TP-PKK, ketua GOW, ketua Dharmawanita.

Bupati Bungo H Mashuri menyampaikan kafilah yang dilepas ini, merupakan putra putri terbaik kabupaten Bungo ikut MTQ tingkat Provinsi di Tanjabbar. Karena masih dalam masa pendemi maka mari tetap tertib patuhi protokol kesehatan.

“Harus tetap patuh terhadap peraturan panitia, tetap konsisten dengan protokol kesehatan dan sehat selalu, saya yakin kafilah dari Bungo tetap semangat di tengah pandemi covid – 19,” ungkap Bupati H Mashuri.

Dikatakan Mashuri, MTQ bukan sekedar ajang perlombaan menjadi yang terbaik, akan tetapi ini adalah upaya konkrit umat islam untuk menggali nilai-nilai yang terkandung di dalam Al-Qur’an supaya dijadikan pedoman hidup.

“Banyak hal yang harus kita rubah termasuk perilaku, tata cara hidup, kemudian juga semakin memperkuat keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan yang maha kuasa,”katanya.

Dia berharap agar kafilah tetap semangat dan yakin apa yang diperbuat bukan karena sebuah keberuntungan, akan tetapi karena mencintai apa yang  didalami dan meresapinya sebagai sebuah kekuatan iman.

“Resapi bahwa apa yang ditugaskan kepada kita dalam perlombaan cabang itu bukan bagian dari hanya karena ingin menang. Tetapi karena betul – betul dicintai, dirasakan, diresapi sebagai sebuah kekuatan iman dari para peserta ini,” ucapnya.

Sementara pimpinan Kafilah, Zulfadli dalam laporannya mengatakan MTQ ke-50 tingkat Provinsi Jambi di Tanjung jabung barat, akan dilaksanakan selama 8 hari dimulai tanggal 01 sampai 08 Oktober 2021.

“Pada MTQ kali ini, Bungo mengirimkan kafilah terbaik, terdiri dari 29 orang official laki-laki, 7 orang official perempuan, 16 orang peserta laki-laki, dan 9 orang perempuan,”katanya.

Cabang lomba yang diikutsertakan kafilah Kabupaten Bungo sebanyak 6 (enam) cabang yakni Cabang Tilawah Al-Qur’an (Golongan Tartil, Anak-anak, remaja, dewasa dan Cacat Netra, Qira’at Al-Qur’an).

“Ada cabang Hifhzil Al-Qur’an (Golongan 1 Juz, 5 Juz, 10 Juz, 20 Juz, 30 Juz ). Cabang Tafsir (Golongan Bahasa Indonesia dan Bahasa Arab). Cabang Fahmil Al-Qur’an Putra. Cabang Khath Al Qur’an (Golongan Naskah dan Dekorasi ).Cabang M2IQ (Makalah),” tukasnya. (jul)

ADVERTISEMENT