Kukuh Purwanto Rangkul Pemuda, Menjadi Petani Sayuran Profesional

Dibaca: 315 kali

SIDAKPOST.ID, TEBO – Kukuh Purwono Pembina Kelompok Tani (Poktan) Berkah Karya Tani Desa Sapta Mulya Kecamatan Rimbo Bujang Kabupaten Tebo, terus betpacu merangkul para pemuda maupun warga untuk menjadi petani sayuran dengan memanfaatkan lahan pekarangan rumah.

Mas Kukuh panggilan akrabnya pria paruh baya yang juga seorang sarjana jebolan IAIN Jambi ini , memilih menjadi petani dan membina Poktan Berkah Karya Tani di jalan Rajawali Sapta mulya, dengan tujuan untuk mengurangi penganguran.

Kukuh Purwono dikonfirmasi sidakpost.id mengatakan, dirinya terpanggil menjadi petani dan pembina Poktan agar pemuda dan warga bisa berkarya nyata menjadi petani sayur dengan memanfaatkan lahan pekarangan rumah untuk tanaman sayur mayur.

“Anggota Poktan Berkah Karya Tani saat ini sudah ada 30 Orang semuanya memiliki lahan pekarangan masing – masing luas 15 M X 20 M, dengan jenis tanaman sayuran seperti Pare, Gambas, Kacang panjang, Terong dan lainnya, “jelas mas Kukuh, Kamis (1/8/2019).

Luas lahan pekarangan 15 M X 20 M, imbuh mas Kukuh, ditanami 500 Batang Pare dengan modal kisaran Rp 2 juta dan hasil panen bisa mencapai 2 Ton Pare sejumlah Rp 7,5 juta.

“Cara kerja petani sayuran ini adalah sambilan setelah pulang nyadap karet, jenis tanaman sayuran unggulan di Poktan Berkah Karya Tani yaitu Pare dan bahkan untuk setingkat Poktan, kita pemasok partai terbesar di Pasar Sarinah Rimbo Bujang, ” beber mas Kukuh.

Sementara itu, H.Sriyono Ketua Forum Kecamatan Sehat (FKS) Rimbo Bujang di konfirmasi menyebutkan, pihaknya sangat mengapresiasi kepada pembina Poktan Berkah Karya Tani Sapta Mulya yang sudah berhasil mengajak pemuda maupun warga untuk memanfaatkan lahan pekarangan rumah untuk kebun Sayuran.

“Poktan Berkah Karya Tani Sapta Mulya sudah ikut menciptakan lapangan kerja dan pemenuhan gizi warga melalui tanaman Sayur mayur, yang penting jaga kesehatan anggota Poktan dan jaga kebersihan Sayur mayur yang akan dipasarkan, ” pungkas H.Sriyono. (asa)

ADVERTISEMENT







ADVERTISEMENT