Wabup Bungo dan Forkompinda Ikuti Upacara Hari Lahir Pancasila Secara Virtual

Dibaca: 152 kali

SIDAKPOST.ID, BUNGO – Wakil Bupati Bungo H Safrudin Dwi Aprianto mengikuti upacara peringatan Hari lahir Pancasila secara virtual, bertempat di ruang kerjanya, Selasa (1/6/2021).

Selain Wabup Apri, Peringatan Hari Lahir Pancasila yang diperingati setiap tanggal 1 Juni itu, juga dihadiri Ketua DPRD Kabupaten Bungo, Kasdim 0416/Bute, Kapolres Bungo, Kepala Kejaksaan Negeri Bungo, serta unsur forkompinda lainnya.

Meski peringatan Hari Lahir Pancasila diperingati di tengah pandemi virus corona (Covid-19). Dan 1 Juni 2021 merupakan tanggal merah, semua pejabat dan pegawai dari Kementerian/ Lembaga, instansi pemerintah pusat maupun daerah, dan sebagainya, mengikuti jalannya upacara untuk mendengar Pidato Kenegaraan Presiden Republik Indonesia.

Presiden Joko Widodo berharap momentum peringatan Hari Lahir Pancasila dimanfaatkan bangsa Indonesia, untuk mengokohkan nilai-nilai Pancasila, juga tantangan yang dihadapi bangsa Indonesia tidak mudah.

“ Kendati Pancasila telah menyatu dalam kehidupan kita sepanjang Republik Indonesia ini berdiri, namun tantangan yang dihadapi Pancasila tidaklah semakin ringan. Globalisasi dan interaksi antar belahan dunia tidak serta merta meningkatkan kesamaan pandangan dan kebersamaan,” papar Presiden Joko Widodo.

Sementara itu, Wakil Bupati Bungo H. Safrudin Dwi Aprianto mengatakan, walaupun saat ini negara Indonesia masih di Landa pandemi covid 19, tidak memudarkan untuk tetap memeringati hari lahir Pancasila.

“Dengan bertema Pancasila Identitas Nyata Bangsa Indonesia, yang berarti bahwasanya Pancasila itu sebagai lambang negara rakyat Indonesia (Burung Garuda) yang butir -butirnya mempunyai lima sila,” ujar Wabup Apri.

Dengan demikian, kita tidak akan pernah bisa melupakan butir-butir Pancasila tersebut yang mana presiden Soekarno dulu bercucuran keringat untuk memperebutkan kemerdekaan bangsa Indonesia ini.

Untuk itu Ia berharap kepada seluruh masyarakat Kabupaten Bungo, agar bisa menanamkan jiwa Pancasila didalam hati kita,” imbuhnya. (adv/jul)

ADVERTISEMENT