Babinsa Koramil 03/Sungai Bengkal Bantu Bersihkan Rumput Liar di Lahan Padi Petani

Dibaca: 46 kali

SIDAKPOST.ID, TEBO – Dalam rangka menyukseskan swasembada pangan nasional yang di programkan oleh pemerintah, Babinsa Koramil 416-03/ Sungai Bengkal Serda Umbar membantu petani.

Dalam kegiatan tersebut, mereka membersihkan gulma (rumput liar) di kawasan tanaman padi seluas 15 hektare milik Ibu Diah Poktan Sukses Bersama Desa Kunangan Kecamatan Tebo Ilir Kabupaten Tebo. Sabtu (01/06/19).

Di sela-sela kegiatan, Sertu Umbar menuturkan, pembersihan rumput liar atau gulma pada tanaman padi merupakan bagian dari perawatan tanaman padi. Keberadaan gulma ini tidak bisa dibiarkan karena sangat mengganggu tanaman induk (padi) terlebih pada masa pertumbuhan hingga pematangan sangat besar sekali pengaruhnya terhadap penurunan hasil panen.

Masih tutur Serda Umbar, pembersihan gulma dapat dilakukan melalui penyiangan secara berkala, baik manual maupun semi mekanik. Bisa juga dengan penyemprotan menggunakan herbisida tertentu yang sudah direkomendasikan PPL atau BPP Dinas Pertanian.

“Gulma ini harus dibasmi, bila tidak akan mengakibatkan tanaman padi kekurangan unsur hara, air dan cahaya bahkan menghambat perkembangan anakan tanaman padi yang berdampak pada menurunnya produksi hasil panen. Di sini pentingnya perawatan dan pemantauan tanaman padi untuk mengetahui lebih awal apabila ada gulma ataupun tanaman yang sakit sehingga bisa dengan segera diatasi,” ungkap Serda Umbar.

Danramil 416-03/Sungai Bengkal Kapten Inf Sulasa Hadi menjelaskan, gulma atau rumput liar merupakan salah satu masalah yang dapat mengganggu produktivitas tanaman padi yang kehadirannya selalu mengganggu pertumbuhan tanaman.

Ia menjelaskan macam-macam gulma pada tanaman padi ini biasanya berbentuk rumput yang menyerupai padi, atau sering disebut ‘jawan padi’. Jika dibiarkan akan mengganggu tanaman padi itu sendiri dan akibatnya tanaman menjadi kurang subur.

Kapten Inf Sulasa Hadi juga mengatakan, pembersihan gulma ini bertujuan agar tanaman padi bisa tumbuh normal tanpa ada saingan atau sejenis parasit yang merugikan tanaman padi tersebut.

“Setiap tanaman memerlukan perawatan dan pemeliharaan, tak terkecuali pada tanaman padi, di antaranya adalah pemupukan, penyemprotan hama, atau pembersihan gulma,” ungkapnya.

“TNI, khusus Babinsa akan terus mendampingi petani setiap saat untuk mewujudkan swasembada pangan nasional yang berkwalitas,” kata Kapten Inf Sulasa Hadi. (red)

ADVERTISEMENT


























ADVERTISEMENT






ADVERTISEMENT