Pancasila Sakti Merajut Jiwa Nasionalisme Untuk Bersama Membangun Negeri

Dibaca: 409 kali

PANCASILA SAKTI – Dalam era digital zaman yang serba modern ini, makna Pancasila tampaknya hanya sekedar seremonial belaka bahkan tidak jarang banyak warga negara Indonesia yang tidak tahu kapan hari lahirnya Pancasila diperingati atau bahkan tidak tahu bagaimana sejarah lahirnya Pancasila.

Hal ini merupakan fenomena yang mungkin dapat di katakana sebagai lunturnya wawasan kebangsaan warga negara Indonesia, termasuk dikalangan pelajar dan pemuda yang notabene merupakan sumber kekuatan terbesar dalam pembagunan bangsa kita.

Sebagai generasi penerus penerima tongkat estafet keberlanjutan pembangunan,generasi muda khususnya para pelajar dan pemuda – pemudi seharusnya dan sepatutnya memaknai dengan sunguh sungguh tertanam dalam jiwa sanubari agar tidak terjadinya sekedar seremonial belaka atau bahkan tidak ada makna sama sekali.Aplikasi dan pengamalan dari nilai nilai Pancasila sesungguhnya merupakan senjata kuat bagi kita untuk berjalan dan berjuang sesuai bidang masing masing.

Karena perjuangan dan mengisi kemerdekaan tidak hanya dengan mengangkat senjata atau menjadi pasukan militer saja, setinggi apapun jabatan yang kita miliki sepintar apapun bila kita tidak mampu menghayati dan mengamalkan Pancasila maka dapat di pastikan terjadinya degradasi moral, degradasi akhlak dan akhirnya negeri ini menjadi negeri yang terjajah secara ekonomi dan budaya.

Maka dengan peringatan Hari Lahirnya Pancasila pada tanggal 1 Juni, sekaligus bertepatan pada bulan suci ramadhan semoga kita sebagai generasi muda mampu menjadi pelopor gerakan nyata dalam menghayati dan mengamalkan Pancasila. Sehingga apa yang di cita – citakan oleh para pendahulu kita bukanlah sekedar ungkapan belaka, namun harus menjadi kenyataan.

Mari kita semua tanamkan sejak dini rasa pancasila dan kebihinakaan, agar kita tidak terpecah belah oleh peradabaan dan perputaran zaman dan kita menyongsong kedepan bahwa hari ini lebih baik dari hari kemarin.

Dengan mengambil momentum hari lahirnya Pancasila 1 Juni, mari kita perkokoh persatuan dan kesatuan bangsa, jiwa nasionalisme, patriotisme serta kita rajut Bhineka Tunggal Ika untuk bersama membangun negeri kita tercinta Indonesia. Mari kita tolak radikalisme, terorisme dan berita hoax.

Salam Pancasila Sakti

Penulis : Andiyan Antono, Alumni Saka Bhayangkara Polsek Rimbo Bujang

ADVERTISEMENT


Komentar

Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*