Upacara Peringati Hari Lahir Pancasila Di Makodim 0416/Bute Berjalan Hikmat

Dibaca: 481 kali
Proses Pengibaran Sang Merah Putih.

SIDAKPOST.ID, BUNGO – Dalam rangka memperingati hari lahir pancasila yang diperingati pada hari, Rabu tanggal 1 Juni 2017, Kodim 0416/Bungo Tebo melaksanakan Upacara Hari Lahir Pancasila di Halaman Makodim, Rabu (1/6/2017).

Kapten Inf T Marpaung Bertindak Sebagai Komandan Upacara.

Bertindak sebagai Irup, Kapten Caj Sugianto, sedangkan sebagai Komandan Upacara Kapten Inf T Marpaung. Upacara dikuti seluruh jajaran Kodim 0416/Bute, Perwira Staf dan Babinsa dan sejumlah prajurit dan PNS.

Jajaran Prajurit Kodim 0416/Bungo Tebo, Saat Mengikuti Upacara.

Dalam amanat Preaiden Republik Indonesia yang dibacakan oleh Irup menyamapikan, Pancasila nerupakan satu kesatuan proses yang dimulai dengan rumusan pancasila tanggal 1 Juni 1945 yang dipidatokan oleh, Ir Sukarno,piagam Jakarta tanggal 22 Juni 1945, dan rumusan Pancasila tanggal 17 Agustus 1945, adalah jiwa besar para faunding fathers, para ulama dan pejuang kemerdekaan dari seluruh pelosok nusantara.

“Tidak ada pilihan lain, kita harus bahu membahu menggapai cita-cita bangsa sesuai dengan pancasila. Tidak ada pilihan lain seluruh anak bangsa harus menyatukan hati, pikiran dan tenaga untuk persatuan dan persaudaraan, “Kata Kapten Caj Sugianto dalam membaca amant Presiden RI.

Terakhir amanat yang dibacakan oleh Inspektu Upacara, kita perlu belajar dari pengalaman buruk negara lain, yang dihantui oleh radikalisme, konflik sosial terorisme dan perang saudara.

“Dengan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945, dalam bingkai NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika, kita bisa terhindar dari masalah tersebut. Kita bisa hidup rukun dan bergotong royong dalam membangun negeri. Dengan Pancasila, Indonesia adalah harapan dan rujukan masyarakat, Selamat hari Lahir Pancasila, Kita Indonesia. Semua anda Pancasila, Saya Indonesia, Saya Pancasila,”Tutup Inpsektur Upacara dalam pembacaan amanat Presiden Republik Indonesia. (zek)

Jakarta 1 Juni 2017
Presiden Republik Indonesia
ttd.

JOKO WIDODO

ADVERTISEMENT


Komentar

Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*