Sinsen Berbagi Tips Perawatan Sepeda Motor di Bulan Puasa

SIDAKPOST.ID, Jambi – Sepeda motor adalah jenis kendaraan yang digunakan dari berbagai kalangan dan juga berbagai usia, ada banyak jenis dan tipe motor sesuai dengan target pasarnya.

Memasuki bulan Ramadhan ini selain melaksanakan ibadah puasa tentunya membutuhkan kendaraan dalam aktifitas sehari-hari.

Senior Technical Instructor PT Sinar Sentosa Primatama (Sinsen) Erfinando mengatakan salah satu aktifitas yang dapat dilakukan di bulan puasa adalah melakukan pemeriksaan dan perawatan sepeda motor di rumah dikala menunggu berbuka puasa.

Berikut tips perawatan sepeda motor yang bisa dilakukan di rumah :

1. Pemeriksaan bahan bakar

Bahan bakar merupakan bagian penting dan perlu diperhatikan kualitasnya, untuk menghindari terjadinya permasalahan seperti penggunaan bahan bakar yang tidak sesuai atau terdapat campuran bahan kimia serta kotoran yang akan mempengaruhi kinerja sepeda motor.

2. Pemeriksaan Oli mesin

Oli mesin merupakan pelumas yang melindungi part pada mesin sepeda motor, selalu perhatikan volume oli mesin dengan melihat pada tutup lubang pengisian. Jika menunjukan pada batas upper dan oli mesin masih kental maka masih layak pakai, jika dibawah batas upper maka lakukan penambahan oli mesin dan jika kualitas oli mesin sudah mengalami penurunan maka lakukan pergantian oli mesin.

3. Pemeriksaan system Rem

System rem merupakan komponen safety pada kendaraan untuk menghindari terjadinya kecelakaan, selalu periksa system rem dengan cara memperhatikan bahwa system rem beroperasi dengan normal dan berfungsi dengan baik.

4. Throttle Grip/Gas

Throttle Grip/Gas merupakan komponen utama yang berfungsi untuk mengatur kecepatan kendaraan, pemeriksaan pada throttle grip dapat dilakukan dengan memastikan throttle grip beroperasi dengan normal dan tidak ada kendala.

5. Ban

Ban merupakan salah satu part/komponen yang meredam goncangan serta getaran dari permukaan jalan, pemeriksaan pada ban sangat penting untuk membuat kendaraan tetap aman dan nyaman dengan melihat kondisi ban apakah sudah mulai aus/habis dan juga selalu perhatikan tekanan angin ban karena dapat mempengaruhi performa dalam berkendara.

6. Saringan udara

Saringan udara merupakan filter udara penyaring udara bersih yang dibutuhkan untuk melakukan pembakaran dalam sepeda motor, perawatan dan pembersihan sangat diperlukan. Jika saringan udara/filter udara sudah kotor maka lakukan pergantian sesuai dengan arahan dari mekanik/ Service Advisor.

7. Rantai Roda

Rantai roda merupakan salah satu komponen penerus tenaga dari mesin menuju ban belakang, pemeriksaan rantai roda diperlukan untuk memastikan kekencangan yang sesuai standard.

“Untuk memaksimalkan perawatan sepeda motor anda, selalu lakukan pemeriksaan dan perawatan rutin di bengkel resmi sepeda motor Honda atau AHASS terdekat agar mesin sepeda motor anda selalu dalam kondisi prima,” tutup Erfinando. (zek)