Gubernur Jambi Ikuti Rakor Persiapan Pemilukada 2024

Dibaca: 265 kali
Gubernur Jambi Ikuti Rakor Pemilukada dengan Dirjen Bina Pembangunan Daerah Kementerian Dalam Negeri secara Virtual/ Foto : sidakpost.id (Ratna)

SIDAKPOST.ID, JAMBI – Gubernur Jambi Dr. H. Al Haris, ikuti Rapat koordinasi dalam bidang politik dan pemerintahan umum di daerah terkait persiapan pemilukada serentak 2024 di Ruang Vidcon Rumah Dinas Gubernur, Selasa (01/03/2022).

Rakor ini diikuti Badan Kesbangpol se-Indonesia dan berbagai perangkat daerah dari Kepala Daerah, Sekretaris Daerah Provinsi, Kabupaten/Kota, Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPRD) Provinsi, Kabupaten/Kota se-Indonesia dan undangan lainnya secara virtual.

Al Haris menyatakan, akan segera menindaklanjuti terkait pemilihan Umum (pemilu) dan pemilihan kepala Daerah (Pilkada) serentak pada 2024 mendatang.

“Saya menginstruksikan OPD terkait segera menindak lanjuti arahan dari Dirjen Politik Dan Pemerintahan Umum Kementerian Dalam Negeri, guna menyukseskan pelaksanaan pemilu dan pilkada serentak tahun 2024,”tegasnya.

Dikatakan, dalam arahannya, Dirjen agar daerah segera menyiapkan kerangka untuk pemilu dan pilkada serentak tahun 2024 mendatang. Itu dimulai dari proses perencanaan anggarannya.

“Kita mengharapkan agar ini bisa dijabarkan oleh teman-teman di Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Badan Kesbangpol) dan Badan Perencanaan Daerah (Bapeda) baik Provinsi maupun Kabupaten/Kota untuk merancang semua ini untuk persiapan pemilu dan pilkada serentak tahun 2024,” ujar Al Haris.

Sementara itu, Direktur Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum Kementerian Dalam Negeri, Bahtiar, dalam arahannya menyampaikan, perlu sinergisitas dan tim yang terpadu di tingkat Pemerintah Daerah (Pemda) dalam persiapan Pemilu dan Pilkada serentak tahun 2024.

“Saya mendorong Pemda memberikan dukungan terkait urusan pemerintahan umum, khususnya yang dilaksanakan oleh Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol),” ujar Bahtiar.

Kami mengharapkan pertemuan ini menghasilkan sesuatu yang bermanfaat untuk memperkuat penyelenggaraan urusan pemerintahan umum sebagaimana dimaksud Pasal 25 dan Pasal 26 Undang-Undang 23 tahun 2014, lanjut Bahtiar.

Plt Dirjen Bina Pembangunan Daerah Kementerian Dalam Negeri, Sugeng Hariyono menyampaikan, terdapat hal-hal yang perlu menjadi perhatian menjelang Pemilu dan Pilkada Serentak Tahun 2024.

“Seperti penyusunan dokumen Rencana Pembangunan Daerah (RPD) Tahun 2023-2026 dan Rencana Strategis Perangkat Daerah, agar memperhatikan program-program yang berkaitan dengan urusan Kasbangpol,”katanya.

Lanjutnya, sebagaimana telah diatur dalam Keputusan Menteri Dalam Negeri (Kepmendagri) Nomor 050-5889 Tahun 2021, serta memerlukan penyusunan roadmap mengenai persiapan Pemilu dan Pilkada Serentak Tahun 2024, sehingga tercipta pemahaman bersama,

‚ÄúPemerintah Daerah terus berperan aktif dalam memperhatikan acuan-acuan yang telah diterbitkan oleh Pemerintah Pusat. Terutama dengan pelaksanaan Pemilu dan Pilkada serentak Tahun 2024, serta melaporkan kondisi aktual masing masing daerahnya,”tutupnya. (adv/rat)

ADVERTISEMENT