Ekspedisi Ke Makam Sakti Bukit Siguntang, JOIN Tebo Dukung AMAN

Dibaca: 1.821 kali

SlDAKPOST.ID, TEBO – Pimpinan Daerah Aliansi Masyarakat Adat Nusantara (PD AMAN) Tebo bersama Dewan Pimpinan Daerah Jurnalis Online Indonesis (DPD JOIN) Tebo, melakukan Ekspedisi ke Makam Sakti Datuk Berbulu Kerengkong dan Nenek Rabiah yang berlokasi di Bukit Siguntang, Desa Muaro Sekalo Kecamatan Sumay Kabupaten Tebo.

PD Aliansi Masyarakat Adat Nusantara Tebo melakukan ekspedisi ke Makam Sakti Datuk Berbulu Kerengkong dan Nenek Rabiah di Bukit Siguntang, dalam rangka untuk menggali hikayat dan historis tentang dimasa hidupnya Datuk Berbulu Kerengkongan dan Nenek Rabiah yang konon Sakti mandra guna.

Ketua Aliansi Masyarakat Adat Nusantara Kabupaten Tebo Dedi Suhendra kepada sidakpost.id mengatakan, pihaknya menbenarkan PD AMAN Tebo didukung oleh DPD JOIN Tebo mekakukan ekspedisi ke Makam Sakti Bukit Siguntang di Kecamatan Sumay.

“Sesuai tupoksi Aliansi Masyarakat Adat Nusantara Tebo yaitu menggali dan menumbuhkembangkan serta melestarikan ke arifan budaya lokal yang ada diwilayah Kabupaten Tebo Provinsi Jambi, termasuk melakukan ekpedisi petilasan peninggakan zaman kuno,” terang Ketua AMAN Tebo Dedi Suhendra, Minggu (01/03/2020).

Dikatakan, PD AMAN Tebo melakukan ekspedisi adanya peninggalan zaman kuno seperti Makam yang berusia ratusan tahun, Situs Candi dan lainnya yang ada di sejumlah Kecamatan Kabupaten Tebo. Tak kalah pentingnya AMAN Tebo ikut melestarikan kesenian tradisional daerah nusantara sabang marauke yang ada di Kabupaten Tebo.

“Kita sedang menggali historis cerita rakyat dari masyarakat tentang kehidupan dan kesaktian Datuk Berbulu Kerengkong dan Nenek Rabiah di zamannya, kata masyarakat setempat Datuk Berbulu Kerengkong badannya kebal dari semua senjata tajam serta mengajarkan Pencak Silat Kemenyan. Makam Sakti ini panjangnya sekitar 6 M, pada hari tertentu dikunjungi oleh peziarah. “ungkap Ketua AMAN Dedi Suhendra.

Ketua DPD JOIN Kabupaten Tebo Sepriadi,S,Kom dikonfirmasi menyebutkan, membenarkan DPD JOIN Tebo dan AMAN Tebo sudah melakukan survei ke Makam Sakti dibukit Siguntang Kecamatan Sumay.

” DPD JOIN Tebo sangat mendukung program PD AMAN Tebo dalam menggali dan menumbuhkembangkan kearifan budaya lokal di Kabupaten Tebo, diharapkan Instansi terkait supaya tempat petilasan zaman kuno yang datanya oteintik di Tebo agar bisa dijadikan Cagar Alam,” ujar Ketua DPD JOIN Tebo Sepriadi. (asa)

ADVERTISEMENT