dr Sugiono Ingatkan Warga Waspadai DBD Dimusim Penghujan

Dibaca: 331 kali

SIDAKPOST.ID,TEBO – Ketika musim penghujan seperti saat ini, penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) patut diwaspadai. Karena virus dengue mudah mewabah saat musim hujan disebarkan oleh nyamuk aedes aegypti.

Kepala UPTD Puskesmas Rimbo Bujang  II, dr Sugiono mewanti-wanti kepada masyarakat untuk selalu waspada akan penyakit DBD tersebut, terlebih seperti musim hujan sekarang.

Dikatakannya, untuk mengantisipasi penyebaran DBD, masyarakat supaya melakukan kebersihan lingkungan dengan gerakan 3M yaitu kegiatan menutup, menguras dan mengubur obyek pendukung siklus hidup dan berkembang nyamuk dilingkungan pemukiman warga.

“Tutup tempat yang dapat menampung air baik didalam dan luar rumah, kuras tempat air seperti bak mandi dan kubur semua objek yang bisa menampung air seperti kaleng bekas maupun lainnya,” terang dr Sugiono.

Saat ditanyakan apakah saat musim penghujan sekarang ini, sudah ada warga yang terdampak Penyakit DBD di wilayah Kecamatan Rimbo Bujang. dr Sugiono menyatakan sejauh ini belum ada indikasi warga yang terserang DBD.

“Sampai saat ini belum ada laporan dari warga yang terserang DBD, langkah kita dari Puskesmas Rimbo Bujang II sudah dilakukan penyemprotan (poging) disejumlah titik di desa yang dianggap berpotensi menjadi sarang nyamuk. Bila ada warga terindikasi DBD segera bawa ke Puskesmas terdekat,”pungkasnya. (asa)

ADVERTISEMENT





ADVERTISEMENT