Fakultas Kesehatan IAKSS Muara Bungo Serah Terima Mahasiswa Praktik Klinik Keperawatan Jiwa di RSJD Jambi

Rektor IAKSS Muara Bungo didampingi Dekan Fakultas Kesehatan, lakukan serah terima mahasiswa praktik klinik keperawatan jiwa di RSUD Provinsi Jambi. Senin (30/1). Foto : Sidakopst.id/Fakultas Kesehatan. Julian Biro Bungo.

SIDAKPOST.ID, BUNGO – Sebanyak 47 Mahasiswa Diploma III Prodi Keperawatan Fakultas Kesehatan Institut Administrasi dan Kesehatan Setih Setio (IAKSS) Muara Bungo, mengikuti rangkaian pembukaan dan serah terima, dalam kegiatan praktik klinik keperawatan jiwa, di Rumah Sakit Jiwa Daerah Provinsi Jambi, Senin (30/1/2023).

Prosesi serah terima dilakukan langsung oleh Rektor IAKSS Muara Bungo, Dr. H. Abu Bakar didampingi Dekan Fakultas Kesehatan IAKSS, Ns. Dewi Narullita. Kepada Direktur Rumah Sakit Jiwa Daerah Provinsi Jambi dr. M. Firmansyah.

Turut hadir, Kepala Bidang Keperawatan RSJD Provinsi Jambi, Kepala Instalisasi Rawat Inap RSJD Provinsi Jambi, Seluruh Kepala Ruangan RSJD Provinsi Jambi, Tim Koordik RSJD Provinsi Jambi dan lainnya.

Dekan Fakultas Kesehatan IAKSS Muara Bungo, Ns Dewi Narullita, mengatakan, hari ini dilakukan serah terima mahasiswa praktik keperawatan jiwa. Dimana sebelumnya, telah dilakukan pelepasan keberangkatan oleh Rektor IAKSS beberapa hari yang lalu.

Ns Dewi menyebut, praktik ini merupakan tindak lanjut dari MoU yang sudah berlangsung sebelumnya. Kegiatan praktik dilakukan dengan tujuan untuk pemenuhan kompetensi praktik klinik keperawatan jiwa mahasiswa Prodi D3 Keperawatan Fakultas Kesehatan IAKSS Muara Bungo.

Selain itu, Ns Dewi, mengungkapkan, bahwa pihak Rumah Sakit Jiwa Daerah Provinsi Jambi menyambut baik pelaksanaan kegiatan Praktik klinik keperawatan jiwa oleh mahasiswa Diploma III Keperawatan Fakultas Kesehatan IAKSS Muara Bungo.

“Kami juga mengucapkan terima kasih kepada pihak Rumah Sakit Jiwa Daerah Provinsi Jambi atas sambutan yang baik dan hangat ini. Semoga kerjasama yang telah terjalin dengan baik selama ini tetap berlanjut,” ungkap Ns Dewi.

Dalam pelaksanaan praktik, mengharapkan kepada mahasiswa nya, untuk mengikuti kegiatan tersebut dengan baik, serta mengedepankan disiplin dan peraturan yang berlaku di Rumah Sakit.

“Kami berharap nantinya disiplin dan tetap jaga nama baik almamater. Semoga dengan adanya kegiatan ini, mahasiswa semakin bertambah ilmu dan pengalaman, sebagai bekal nantinya dalam menghadapi kasus-kasus gangguan kejiwaan. Apapun yang telah didapatkan selama di ruang kuliah, dapat di terapkan dalam praktik nantinya,”  ungkapnya.

Rektor IAKSS Muara Bungo, Dr. H. Abu Bakar menyampaikan, selamat mengikuti Praktik klinik keperawatan jiwa kepada mahasiswa Diploma III Keperawatan Fakultas Kesehatan IAKSS Muara Bungo, di RS Jiwa Daerah Provinsi Jambi.

Ia juga berterima kasih untuk sambutan yang hangat dari pihak Rumah Sakit. Bersamaan itu, memohon bantuan dan bimbingan terhadap mahasiswa Praktik Keperawatan Jiwa selama disini.

“Kegiatan ini merupakan program tahunan Diploma III Keperawatan Fakultas Kesehatan IAKSS Muara Bungo, yang telah tertuang dalam Kalender Akademik. Dimana kegiatan ini diikuti oleh 47 mahasiswa, dan dilaksanakan dari tanggal 30 Januari – 18 Februari mendatang,” ujarnya.

Seiring dengan itu, Ia berpesan kepada mahasiswa dapat mengikuti praktik tersebut dengan baik, serta menerapkan pengetahuan dan keterampilan yang telah diperoleh di kampus, sehingga dapat di aplikasikan secara langsung kepada pasien saat praktik klinik keperawatan jiwa di Rumah Sakit Jiwa Jambi.

“Kami berpesan selama melaksanakan praktik, mahasiswa harus disiplin dan fokus pada kegiatan yang dihadapi, serta mentaati semua aturan yang berlaku di rumah sakit tempat praktik. Tak kalah pentingnya, jaga nama baik diri dan Institusi, Institut Adminitrasi dan Kesehatan Setih Setio Muara Bungo,” pesannya.

Sementara dari pihak Rumah Sakit, sangat menyambut baik dan berterimakasih, karena selalu menjadikan wilayah kerja Rumah Sakit Jiwa Daerah Provinsi Jambi sebagai tempat mahasiswa untuk menuntut ilmu terutama tentang Praktik Klinik Keperawatan Jiwa. (Jul)