Diguyur Hujan Semalaman, Ruas Jalan di Bungo Terendam Banjir dan Tertimbun Longsor

Dibaca: 429 kali

SIDAKPOST.ID, BUNGO – Intensitas hujan deras yang mengguyur sebagian wilayah di Kabupaten Bungo, menyebabkan ruas jalan di sejumlah Dusun terendam banjir dan tertimbun tanah longsor, Sabtu (1/1/2022).

Terpantau hujan yang mengguyur semalaman ini, sebabkan aliran sungai batang tebo meluap, akibat nya ruas jalan menuju beberapa Dusun di Kecamatan Tanah Sepenggal dan sekitarnya terendam.

Nopriyanti, warga sekitar menuturkan, hujan deras yang mengguyur semalaman, sebabkan air sungai batang tebo, tepatnya di Dusun sungai gambir, Kecamatan Tanah Sepenggal meluap hingga ke ruas jalan.

“Lokasi banjir di jalan tikungan Dusun Sungai Gambir, Jalan menuju Dusun Pasar Rantau Embacang, Tenam, Candi, Telentam dan menuju Kec. Tanah Tumbuh,” tutur dia, melalui akun media sosial FB @Nopriyanti.

Sementara di tempat yang lainnya, hujan deras juga sebabkan tanah longsor menutupi ruas jalan di Kecamatan Limbur Lubuk Mengkuang,

Seperti postingan @Nove Herizal melalui akun FB pribadinya, mengatakan ruas jalan menuju Kecamatan Limbur lubuk mengkuang dari arah Kecamatan Bathin II Pelayang tertimbun tanah longsor.

“Jalan masuk Kec. Limbur Lubuk Mengkuang arah pelayang untuk saat ini sulit untuk di lalui bahkan untuk kendaraan roda dua,” Ujar nya di postingan akun FB pribadi miliknya.

Akun unggahan lainnya, @Maserda juga menyebut ” Longsor di jalan Ds Tuo Lubuk Mengkuang – Pelayang. Ada puluhan titik namun ini yang terparah,” Sebut nya.

Kepala BPBD dan Kesbangpol Kabupaten Bungo H Tobroni Yusuf mengingatkan intensitas hujan begitu tinggi dalam beberapa pekan terkahir di Bungo maka, diminta seluruh masyarakat lebih waspada akan bencana banjir dan tanah longsor.

“Berdasarkan prakiraan cuaca Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), curah hujan di Kabupaten Bungo masih tinggi dan diperkirakan puncak akan terjadi hingga bulan Maret, ” ujar Tobroni.

Dikatakan Tobroni, dari hasil koordinasi dengan BMKG Unit wilayah Provinsi Jambi, curah hujan hingga pertengahan bulan Maret masih tinggi. Maka dari itu warga yang tinggal di dekat sungai dan dekat perbukitan harus lebih waspada.

Tobroni menyebut, ada 73 dusun dan kelurahan di Bungo sangat berpotensi terjadinya banjir serta tanah longsor. Maka dari itu, semua warga harus lebih waspada dan antisipasi dini yang akan terjadi.

“Seperti yang terbanyak di Kecamatan Bathin III Ulu, Limbur Lubuk Mengkuang, Rantau pandan, Muko-Muko Bathin VII dan Pasar Muara Bungo,” terangnya. (jul)

ADVERTISEMENT