Gabungan LSM & Pers Resmi Laporkan Dugaan KKN Proyek Gedung KNPI Bengkalis

Dibaca: 450 kali
SIDAKPOST.ID, BENGKALIS – Akhirnya kasus dugaan Korupsi Proyek Gedung KNPI Bengkalis resmi dilaporkan ke Kejari dan Polres Bengkalis, oleh solidaritas gabungan Pers dan LSM, Senin (19/06/17) sekitar pukul 14.30 WIB.

“Ya benar, kami telah resmi melaporkan kasus tersebut ke Kejari dan Polres Bengkalis, dan kita berharap, kasus ini segera diproses sesuai aturan yang berlaku, “kata Ketua LSM KPK, Toro Zidhu Laia siang tadi.

Sebelumnya, pihak LSM KPK telah menemukan berbagai dugaan penyelewengan dalam pelelangan Proyek Gedung KNPI Bengkalis tahun 2016, dengan anggaran Rp 1,9 Miliar.

Dalam laporan tersebut, Toro sampaikan bahwa, ada terjadi dugaan menyalahi aturan dalam proses pelelangan yang dimenangkan oleh pihak ULP pada perusahaan CV. Ruban.

Karena ketika dalam memasukkan penarawan oleh pihak Perusahaan CV. Ruban ke Unit Layanan Pengadaan (ULP), tidak menyertakan kelengkapan dokumen, seperti SBU

“Tapi, SBU baru diterbitkan, ketika pihak ULP mengumumkan pemenang pada Perusahaan CV. Ruban tanggal 30 Agustus 2016 kemarin, “tambah Toro.

Terkait pelaksanaan proyek juga banyak kejanggalan. Seperti tidak dibangun rumah jaga type 45, tower air yang bagian penting seharusnya dilakukan pekerjaannya.

Selain itu, paving blok yang harus dikerjakan sesuai perencanaan dan RAB. Tapi fakta dilapangan hanya sekedar disiram dengan menggunakan butiran pasir.

Bahkan, volume pekerjaan pagar bangunan, atap dan dinding bangunan gedung mestinya sesuai dengan kententuan kontrak/RAB, dan bukan dibangun asal jadi dan semrawut.

Jadi, seharusnya kelengkapan dokumen itu, dimasukkan oleh pihak Perusahaan bersamaan ketika melakukan penawaran, tapi hal itu tidak dilakukan, tapi dimenangkan dalam Pelelangan.

“Ini salah satu fakta bukti laporan kita ke Pnegak Hukum, atas dugaan terjadinya pemaksaan memenangkan proyek, dan ada juga bukti lain yang kita dapat, setelah melakukan investigasi ke lapangan pada beberapa waktu yang lalu,”jelasnya lagi.

Dari Pantauan, terlihat puluhan wartawan dan LSM, mengatasnamakan Solidaritas Gabungan, berduyun-duyun mendatangi Kantor Kejari dan Polres Bengkalis, dengan membawa berkas laporan dugaan korupsi proyek Gedung KNPI Bengkalis jalan Kelapapati Tengah.(yl)



Komentar

Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*